PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, BIAYA ADMINISTRASI, TINGKAT MARGIN, DAN PROSEDUR PEMBIAYAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM PENGAMBILAN PEMBIAYAAN MURABAHAH BMT PAHLAWAN TULUNGAGUNG DAN BMT MUAMALAH TULUNGAGUNG

ELINA RATNA SARI, 17401163225 (2020) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, BIAYA ADMINISTRASI, TINGKAT MARGIN, DAN PROSEDUR PEMBIAYAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM PENGAMBILAN PEMBIAYAAN MURABAHAH BMT PAHLAWAN TULUNGAGUNG DAN BMT MUAMALAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (139kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (334kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (668kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh kualitas pelayanan, biaya administrasi, dan tingkat margin terhadap kepuasan nasabah dalam pengambilan pembiayaan murabahah BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT Muamalah Tulungagung” ini ditulis oleh Elina Ratna Sari NIM 17401163225, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah oleh Dr. Syafrudin Arif Marah Manunggal, M.S.I. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan semakin majunya perkembangan perekonomian saat ini dan persaingan bisnis yang semakin ketat. salah satu strategi yang digunakan untuk mengembangkan dan meningkatkan lembaga keuangan mikro syariah yaitu memaksimal kualitas pelayanan terhadap nasabah, sehingga kualitas pelayanan menjadi prioritas utama dalam menciptakan kepuasan nasabah. Faktor pendukung untuk menciptakan kepuasan nasabah yaitu menetapkan biaya administrasi dan tentunya dapat meningkatkan tingkat margin bagi lembaga keuangan mikro syariah. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Adakah korelasi antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah dalam pengambilan pembiayaan murabahah di BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT Muamalah Tulungagung? (2) Adakah korelasi antara biaya administrasi terhadap kepuasan nasabah dalam pengambilan pembiayaan murabahah di BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT Muamalah Tulungagung? (3) Adakah korelasi antara tingkat margin terhadap kepuasaan nasabah dalam pengambilan pembiayaan murabahah di BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT Muamalah Tulungagung? (4) Adakah korelasi secara slimutan antara kualitas pelayanan, biaya administrasi, dan tingkat margin terhadap kepuasan nasabah dalam pengambilan pembiayaan murabahah di BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT Muamalah Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis korelasi antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah dalam pengambilan pembiayaan murabahah di BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT Muamalah. (2) Untuk menganalisis korelasi antara biaya administrasi terhadap kepuasan nasabah dalam pengambilan pembiayaan murabahah di BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT Muamalah. (3) Untuk menganalisis korelasi antara tingkat margin terhadap kepuasan nasabah dalam pengambilan pembiayaan murabahah di BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT Muamalah Tulungagung. (4) Untuk menganalisis korelasi secara slimutan antara kualitas pelayanan, biaya administrasi, dan tingkat margin terhadap kepuasan nasabah dalam pengambilan pembiayaan murabahah di BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT Muamalah. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis analisis asosiatif. Penelitian ini menggunakan metode angket. Angket digunakan untuk memperolah data tentang kualitas pelayanan, biaya administrasi, dan tingkat margin yang digunakan sebagai sampel. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data populasi, sampel. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan regresi linier berganda. Hasil menyatakan bahwa, (1) Data BMT Pahlawan Tulungagung variabel kualitas pelayanan bernilai positif yaitu 0,653 dan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, sedangkan hasil data BMT Muamalah Tulungagung kualitas pelayanan bernilai negatif -0,225 dan secara parsial berpengaruh negatif terhadap kepuasan nasabah. (2) Data BMT Pahlawan Tulungagung variabel biaya administrasi bernilai positif yaitu 0,298 dan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, sedangkan hasil data BMT Muamalah Tulungagung variabel biaya administrasi bernilai positif yaitu 0,258 dan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. (3) Data BMT Pahlawan Tulungagung variabel tingkat margin bernilai negatif yaitu -0,1490 dan secara parsial tingkat margin berpengaruh negatif terhadap kepuasan nasabah, sedangkan hasil data BMT Muamalah Tulungagung variabel tingkat margin bernilai positif yaitu 0,131 dan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah. (4) Secara slimutan BMT Pahlawan Tulungagung menunjukkan sebesar 10.647 sedangkan sebesar 2,72. Sehingga lebih besar dari (10.647 > 2,72). Dan hasil data BMT Muamalah Tulungagung secara slimutan menunjukkan sebesar 4.532 sedangkan sebesar 2,71. Sehingga lebih besar dari (4.532 > 2,71), dapat disimpulan bahwa ditolak dan diterima yang berarti variabel Kualitas Pelayanan, Biaya Administrasi, dan Tingkat Margin bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam pengambilan produk pembiayaan murabahah. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Biaya Administrasi, Tingkat Margin, dan Kepuasan Nasabah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401163225 ELINA RATNA SARI
Date Deposited: 22 Dec 2020 03:15
Last Modified: 22 Dec 2020 03:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17416

Actions (login required)

View Item View Item