PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS STRATEGI REACT PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL SISWA KELAS VII MTs DARUL FALAH TULUNGAGUNG

ANA MAR'ATUS SHOLICHAH, 17204163247 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS STRATEGI REACT PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL SISWA KELAS VII MTs DARUL FALAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (793kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (161kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul "Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Strategi REACT pada Materi Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII MTs Darul Falah Tulungagung" ditulis oleh Ana Mar'atus Sholichah, NIM 17204163247, Pembimbing Dr. Sutopo, M. Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, StrategiREACT, Aritmetika Sosial Proses pembelajaran yang monoton merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa dan berdampak terhadap tingkat pemahaman dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini merujuk pada hasil pengumpulan data yang dilakukan peneliti pada sebuah sekolah menengah pertama. Seiring perkembangan zaman tentunya dunia pendidikan juga perlu melakukan pembaruan terhadap media pembelajaran dan juga inovasi dalam melaksanakan proses pendidikan. Untuk itu peneliti berinovasi untuk membuat media pembelajaran yang menggunakan pendekatakan kontekstual yang diharapkan mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa yaitu menggunakan Strategi REACT. Strategi ini terdiri atas lima tahapan yaitu, relating, experiencing, applying, cooperating, dan transfering. Dalam strategi pembelajaran ini siswa berperan aktif dalam penggalian dan penerapan pengetahuan. Adapun tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran matematika berbasis strategi REACT pada materi aritmetika sosial kelas VII MTs Darul Falah Tulungagung. (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa belajar menggunakan media pembelajaran matematika dan tanpa media pembelajaran matematika berbasis strategi REACT pada materi aritmetika sosial kelas VII MTs Darul Falah Tulungagung. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika berbasis strategi REACT pada materi aritmetika sosial terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Darul Falah Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan, dimana dalam proses pengembangan media menggunakan bantuan aplikasi i-spring. Proses penelitian dilakukan di MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas VII-D dan VII-E. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Instrumen pengumpulan data terdiri atas lembar validasi ahli materi dan ahli media, respon guru dan siswa, dan soal post test yang diberikan terhadap kelas kontrol dan eksperimen. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis validasi, keefektifan, kepraktisan dan uji statistik untuk mengetahui adannya pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis strategi REACT terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: (1) Proses dalam pengembangan media pembelajaran ini terdiri atas: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk awal, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba, uji coba lapangan, dan penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan. Hasil pengembangan media pembelajaran setelah melakukan revisi telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kevalidan media pembelajaran berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh skor 4.04 (baik) dan ahli materi memperoleh skor 3.85 (baik). Tingkat kepraktisan yang diperoleh sebesar 85,20% dan dengan kategori baik. Tingkat keefektifan yang diperoleh sebesar 80,4% (2) Terdapat perbedaan hasil belajar antara kedua kelas dengan tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 85%. (3) Terdapat pengaruh yang disignifikan penggunaan media pembelajaran berbasis strategi REACT terhadap hasil belajar siswa dengan perolehan taraf sig. 0,0005≤ 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163247 Ana Mar'atus Sholichah
Date Deposited: 22 Dec 2020 02:56
Last Modified: 22 Dec 2020 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17414

Actions (login required)

View Item View Item