PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOYOLANGU TAHUN AJARAN 2018/2019

MOHAMAD LUTFI ANSORI, 1724143161 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOYOLANGU TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (734kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 1 BOYOLANGU Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Mohamad Lutfi Ansori, NIM 1724143161, dibimbing oleh Dr. Ummu Sholihah, S.Pd, M.Si. Kata kunci : Numbered Heads Together, Hasil Belajar, Motivasi Belajar. Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) atau penomoran berpikir bersama atau lebih dikenal dengan kepala bernomor yang telah dikembangkan oleh Spencer Kagan. Teknik ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling membagi-bagi ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat. Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) ini menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap 1) hasil belajar siswa pada materi bangun ruang siswa kelas VIII SMP NEGERI 1 BOYOLANGU 2)motivasi belajar siswa pada materi bangun ruang siswa kelas VIII SMP NEGERI 1 BOYOLANGU 3)hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa pada materi bangun ruang siswa kelas VIII SMP NEGERI 1 BOYOLANGU Penelitian ini menggunakan pendekatan yang spesifikasinya adalah sistematis, terencana, dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan desain penelitian, baik tentang tujuan penelitian, subjek penelitian, objek penelitian, sampel data, sumber data, maupun metodologinya (mulai pengumpulan data hingga analisis data). Penelitian eksperimen adalah penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Penelitian Eksperimen ini sebagai bagian dari metode kuantitatif yang mempunyai ciri khastersendiri, terutama dengan adanya kelompok kontrol. Tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah populasi penelitian, sampel, sampling. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sarana dan prasaranapendidikan dan dokumentasi sekolah. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar materi bagun ruang siswa kelas VIIISMPN 1 Boyolangu Tulungagung semester genap tahun ajaran 2018/2019. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t hitung = 2,9, dengan db = 68 pada taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 2,000. Besarnya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar materi bagun ruang siswa kelas VIII SMPN 1 Boyolangu Tulungagung semester genap tahun ajaran 2018/2019adalah 13,54%. dikatakan berhasil dengan kategori rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143161 MOHAMAD LUTFI ANSORI
Date Deposited: 22 Dec 2020 04:30
Last Modified: 22 Dec 2020 04:30
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17408

Actions (login required)

View Item View Item