KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMPN 1 KEDUNGWARU

SITI CHOLIFAH, 17204163217 (2020) KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMPN 1 KEDUNGWARU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (905kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (468kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMPN 1 Kedungwaru” ini ditulis oleh Siti Cholifah, NIM.17204163217, pembimbing Samsul Bakri S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci : Pemahaman Matematis, Aritmetika Sosial Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa masih kurang terutama berkaitan dengan materi kontekstual. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis siswa terkhusus pada materi aritmetika sosial di SMPN 1 Kedungwaru. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi aritmatika sosial kelas VII SMPN 1 Kedungwaru. Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme dengan menjadikan peneliti sebagai instrumen kunci. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Studi kasus merupakan proses untuk memahami, menelaah, menjelaskan dan menguji secara rinci sesuatu hal atau fenomena. Pada penelitian ini pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data siswa SMPN 1 Kedungwaru yang digunakan sebagai subjek. Sedangkan wawancara, tes dan dokumentasi untuk menggali data yang ada. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan keajegan pengamatan, triangulasi sumber data dan metode, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian yang ada menunjukkan bahwa siswa berkemampuan tinggi memiliki 4 pemahaman matematis yang baik yaitu pemahaman mekanikal, pemahaman induktif, pemahaman rasional dan pemahaman intuitif. Sedangkan untuk siswa berkemampuan sedang memiliki 2 pemahaman matematis yang baik yaitu pemahaman mekanikal dan pemahaman induktif, untuk pemahaman rasional yang dimiliki masih cukup memahami dan pemahaman intuitif yang dimiliki masih kurang. Siswa berkemampuan rendah hanya memiliki pemahaman mekanikal yang baik untuk pemahaman induktif, pemahaman rasional dan pemahaman intuitif masih kurang memahami.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163217 SITI CHOLIFAH
Date Deposited: 22 Dec 2020 02:51
Last Modified: 22 Dec 2020 02:51
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17400

Actions (login required)

View Item View Item