STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI MELALUI KREATIFITAS GURU DALAM MERANCANG PEMBELAJARAN SISWA SD (Studi Multisitus di SDI Tanjungsari Kota Blitar dan SDI Sukorejo Kota Blitar)

ARIF NUR WAKHID, 17506164013 (2020) STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI MELALUI KREATIFITAS GURU DALAM MERANCANG PEMBELAJARAN SISWA SD (Studi Multisitus di SDI Tanjungsari Kota Blitar dan SDI Sukorejo Kota Blitar). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (662kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (147kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI Melalui Kreatifitas Guru dalam Merancang Pembelajaran Siswa SD (Studi Multisitus di SDI Tanjungsari Kota Blitar dan SDI Sukorejo Kota Blitar” ini ditulis oleh Arif Nur Wakhid, dengan dibimbing oleh Dr. Mohamad Jazeri, M.Pd dan Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci : Kualitas Pembelajaran, Kreatifitas, Guru, Pendidikan Agama Islam Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi pentingnya kreatifitas guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam mengingat semakin merosotnya nilai-nilai ajaran agama Islam di era modern ini. Untuk itu guru harus memberikan perhatian lebih terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa sehingga dapat dijadikan bekal siswa untuk membentengi diri dari pengaruh buruk. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah : (1) Bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI melalui kreatifitas guru dalam merancang pembelajaran siswa SD? (2) Bagaimana hasil peningkatan kualitas pembelajaran PAI melalui kreatifitas guru dalam merancang pembelajaran siswa SD? (3) Bagaimana faktor penghambat dan faktor pendukung dari upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI melalui kreatifitas guru dalam merancang pembelajaran siswa SD? Tesis ini bermanfaat bagi kepala sekolah hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi kepala sekolah merupakan bahan laporan atau sebagai pedoman dalam mengambil kebijakan tentang upaya peningkatan kualitas guru PAI dalam merancang pembelajaran siswa, bagi pendidik SD untuk mengetahui manfaat dan dampak yang dihasilkan dari pembelajaran, sehingga bisa dijadikan sebagai referensi untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran, dan bagi praktisi pendidikan hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan motivasi untuk ikut serta dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa : (1) Cara yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam di SDI Tanjungsari Kota Blitar dan SDI Sukorejo Kota Blitar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan Agama Islam yaitu dengan melakukan pembiasaan di pagi hari sebelum masuk kelas.dengan shalat dhuha, membaca Al-Qur‟an, kultum dan juga shalat dhuhur berjama‟ah. (2) Hasil yang didapatkan dari usaha guru Pendidikan Agama Islam di SDI Tanjungsari Kota Blitar dan SDI Sukorejo Kota Blitar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan Agama Islam yaitu siswa menjadi rajin shalat lima waktu di rumah dan juga menjadi rajin untuk belajar sendiri. (3) Kendala yang dihadapai SDI Tanjungsari Kota Blitar dan SDI Sukorejo Kota Blitar yaitu siswa malas untuk mengikuti pembelajaran sehingga guru harus memberikan motivasi kepada siswa. Dan faktor pendukungnya yaitu adanya kerjasama yang baik dengan orang tua siswa untuk mendidik siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17506164013 ARIF NUR WAKHID
Date Deposited: 17 Dec 2020 04:32
Last Modified: 17 Dec 2020 04:32
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17390

Actions (login required)

View Item View Item