KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPI AL-FATTAHIYAH NGRANTI BOYOLANGU TULUNGAGUNG

RIZKI SEPTI PRATIWI, 17201163116 (2020) KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPI AL-FATTAHIYAH NGRANTI BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (755kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (639kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (381kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru PAI dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di SMPI Al-Fattahiyah Ngranti Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Rizki Septi Pratiwi, NIM. 17201163116, Pembimbing Luluk Indarti, M.Pd.I Kata Kunci: Kreativitas Guru, Prestasi Belajar, Peserta Didik Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran pada mata pelajaran PAI, agar peserta didik lebih antusias dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga, dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru PAI dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran di SMPI Al-Fattahiyah Ngranti Boyolangu Tulungagung? (2) Bagaimana kreativitas guru PAI dalam pengelolaan kelas di SMPI Al-Fattahiyah Ngranti Boyolangu Tulungagung? (3) Bagaimana kreativitas guru PAI dalam mengembangkan metode pembelajaran di SMPI Al Fattahiyah Ngranti Boyolangu Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk memaparkan kreativitas guru PAI dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran di SMPI Al Fattahiyah Ngranti Boyolangu Tulungagung (2) Untuk memaparkan kreativitas guru PAI dalam pengelolaan kelas di SMPI Al-Fattahiyah Ngranti Boyolangu Tulungagung (3) Untuk memaparkan kreativitas guru PAI dalam mengembangkan metode pembelajaran di SMPI Al-Fattahiyah Ngranti Boyolangu Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan berupa deskriptif. Terkait metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara dan observasi digunakan untuk mendapatkan atau menggali data atau informasi terkait kreativitas guru pai dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data terkait penguatan dari data observasi dan wawancara, meliputi kegiatan pembelajaran di kelas serta sarana dan prasarana yang ada. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) Kreativitas guru PAI dalam pemilihan penggunaan media pembelajaran yaitu pemilihan media dengan didasarkan kepada faktor peserta didik, materi yang akan disampaikan, dan faktor gurunya sendiri dengan tetap berdasarkan kepada RPP yang telah dibuat oleh guru. Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PAI antara lain: papan tulis, LCD proyektor, gambar, dan kartu. Penggunaan media pembelajaran dengan mengombinasikan antara media satu dengan media yang lain. (2) Kreativitas guru PAI dalam mengelola kelas yaitu dengan guru mengecek kerapian dan memberikan pre-test diawal pelajaran agar kondisi peserta didik lebih kondusif dan siap menerima materi. Guru menyisipkan humor selama penyampaian materi dan guru memberikan penghargaan berupa poin-poin tambahan atas usaha yang dilakukan oleh peserta didik. Pengelolaan kelas dengan membentuk pembelajaran berbasis belajar kelompok. Kelas antara laki-laki dan perempuan dipisahkan, tidak ada kelas yang campur aduk antara laki-laki denganperempuan. (3) Kreativitas guru PAI dalam mengembangkan metode pembelajaran yaitu dengan mempertimbangkan pemilihan metode pembelajaran berdasarkan kondisi peserta didik, kondisi guru, serta materi. Metode pembelajaran yang digunakan guru yaitu metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, metode resitasi (penugasan), metode latihan (drill), dan metode pemecahan masalah (problem solving). Penggunaan metode pembelajaran tidak selalu sama terus menerus, artinya guru tetap memperbarui metode yang digunakan di pertemuan selanjutnya Penggunaan metode pembelajaran dikombinasikan antara yang satu dengan yang lain karena setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163116 RIZKI SEPTI PRATIWI
Date Deposited: 16 Dec 2020 04:15
Last Modified: 16 Dec 2020 04:15
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17386

Actions (login required)

View Item View Item