PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI MTs NEGERI 4 TULUNGAGUNG TAHUN 2019/2020

MUHAMMAD LUQMAN HAKIM, 17201163132 (2020) PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI MTs NEGERI 4 TULUNGAGUNG TAHUN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (783kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (242kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (52kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kinerja Guru di MTs Negeri 4 Tulungagung Tahun 2019/2020” ditulis oleh Muhammad Luqman Hakim selaku mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam Negeri Tulungagung (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri Tulungagung (IAIN Tulungagung), Dosen pembimbing Prof. Dr. Imam Fuadi, M.Ag. Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kinerja Guru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta di MTs 4 Tulungagung yang menunjukkan bahwa kepala madrasah sebagai pengelola madrasah mampu membimbing para guru untuk meningkatkan kualitas kerjanya. Salah satunya melalui kegiatan supervisi akademik yang dilakukan di madrasah. Sudah diketahui bahwa output dari sekolah ini bisa dikategorikan baik. Sedangkan output yang baik berasal dari pendidik yang baik. Berbagai macam cara dilakukan untuk mendapatkan pendidik yang berkualitas. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kepala madrasah menerapkan supervisi akademik. Tujuan penelitian ini, adalah: (1) Untuk mengetahui perencanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam peningkatan mutu kinerja guru di MTs Negeri 4 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik yang diterapkan kepala madrasah dalam peningkatan mutu kinerja guru di MTs Negeri 4 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di MTs Negeri 4 Tulungagung. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, sedangkangkan dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, memenuhi ciri-ciri penelitian kualitatif, yaitu (1) Kondisi objek alamiah, (2) Peneliti sebagai instrumen utama, (3) Bersifat deskriptif, karena data yang dikumpulkan berbentuk kata bukan angka, (4) Lebih mementingkan proses daripada hasil, (5) Data yang terkumpul diolah secara mendalam. Penelitian ini dipilih agar peneliti bisa tukar informasi secara langsung mengenai Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kinerja Guru di MTs Negeri 4 Tulungagung Tahun 2019/2020. Hasil temuan penelitian bahwa: 1. Perencanaan Supervisi Akademik dituangkan di dalam program kerja kepala madrasah, yang ditulis dalam rencana kerja madrasah. Rencana kerja madrasah dibagi menjadi 3 yaitu melalui 3 jangka waktu yaitu jangka waktu panjang, menengah dan pendek, di laksanakan secara langsung dan tidak langsung. 2. Pelaksanaan supervisi akademik menggunakan 2 teknik yaitu personal dan kelompok. Langkah-langkah pelaksanaan supervisi akademi yaitu persiapan, proses, dan umpan balik. Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan supervisi akademik berkaitan dengan waktu pelaksanaan. 3. Evaluasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam peningkatan Kinerja Guru, yakni dialog pribadi dengan kepala madrasah, pembinaan atau pelatihan guru dengan mengarah pada revolusi industri 4.0 dan pembelajaran berbasis teknologi serta dibina sampai sesuai dengan standar kinerja yang ditetapkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163132 MUHAMMAD LUQMAN HAKIM
Date Deposited: 16 Dec 2020 04:43
Last Modified: 16 Dec 2020 04:43
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17385

Actions (login required)

View Item View Item