PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

AGUNG PRASETIYO, 17205163249 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (979kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (117kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Role PlayingTerhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Agung Prasetiyo, NIM. 17205163249, pembimbing Hj. Indah Komsiyah,S.Ag.,M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam, yang disebabkan karena kurangnya variasi yang diterapkan pendidik saat proses pembelajaran di dalam kelas. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang dapat merubah motivasi belajar peserta didik menjadi aktif dan menyenangkan pada proses pembelajaran di dalam kelas. Salah satu metode pembelajaran yang dapat membantu peserta didik aktif dan menyenangkan adalah metode pembelajaran role playing. Dengan menerapkan metode pembelajaran ini pendidik dapat menciptakan suasana pembelajaran yang yang baru bagi peserta didik untuk belajar secara menyenangkan dan aktif sehingga dapat menambah motivasi peserta didik dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran role playing terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung?, (2) Seberapa besar pengaruh metode pembelajaran role playing terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitain ini adalah: (1) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan metode pembelajaran role playing terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung (2) Untuk menjelaskan Seberapa besar pengaruh metode pembelajaran role playing terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Quasi Eksperiment. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data motivasi belajar peserta didik kelas IV A dan B di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar yang ada di kelas IV A dan B di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai profil MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung, sarana dan prasarana, dan data peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil analisis menggunakan uji Independent Sampel T-test adalah sebesar 0,000 dengan taraf nilai signifikansi 0,05 atau 5%.Jadi 0,000 < 0,05, maka

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 17205163249 AGUNG PRASETIYO
Date Deposited: 17 Dec 2020 02:12
Last Modified: 17 Dec 2020 02:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17383

Actions (login required)

View Item View Item