STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA SISWA DI MIN 7 TULUNGAGUNG

KRISMA NOVA AISYA, 17205163239 (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA SISWA DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (875kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (451kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (771kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dalam Meningkatkan Minat Belajar Pada Siswa di MIN 7 Tulungagung” ditulis oleh Krisma Nova Aisya, NIM. 17205163239. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. H. Imam Junaris, S.Ag, M. Pd.I Kata Kunci: Strategi CTL, Minat Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang muncul dari faktor internal yang mempengarui minat belajar peserta didik. Semangat dan minat peserta didik yang berbeda-beda ini disebabkan oleh adanya kemalasan yang muncul dari diri peserta didik pada proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti termotivasi untuk mengadakan penelitian dan hasilnya dituangkan dalam Skripsi dengan judul Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di MIN 7 Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Perencanaan strategi contekstual teaching learning CTL dalam meningkatkan minat belajar siswa di MIN 7 Tulungagung. (2) Pelaksanaan strategi contekstual teaching learning CTL dalam meningkatkan minat belajar siswa di MIN 7 Tulungagung.(3) Evaluasi strategi contekstual teaching learning CTL dalam meningkatkan minat belajar siswa di MIN 7 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data dilakukan dengan alur tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan temuan menggunakan trianggulasi data, adapun trianggulasi yang digunakan trianggulasi sumber dan tehnik. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: (1) Perencanan strategi pembelajaran CTL (contextual teaching learning) dalam meningkatkan minat belajar siswa di MIN 7 Tulungagung, proses perencanaannya dimulai dengan penyusunan Prota, Promes, Silabus, RPP yang disesuaikan dengan alokasi waktu yang ada pada Kalender Pendidikan. (2) Pelaksanaan strategi pembelajaran CTL (contextual teaching learning) dalam meningkatkan minat belajar siswa di MIN 7 Tulungagung, dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat tiga kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. (3) Evaluasi strategi pembelajaran CTL (contextual teaching learning) dalam meningkatkan minat belajar siswa di MIN 7 Tulungagung, kegiatan evaluasi guru melaksanakan evaluasi pada proses perencanaan berupa kendala dalam penyusunan perangkat pembelajaran bagi guru yang memiliki usia lanjut, sedangkan evaluasi pada pelaksanaan terdapat kendala pada kesesuaian pada alokasi waktu yang sudah ditentukan. Kegiatan evaluasi pembelajaran dapat dilakukan oleh guru pada awal kegiatan pembelajaran, pertengahan pembelajaran, dan di akhir pembelajara.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163239 KRISMA NOVA AISYA
Date Deposited: 16 Dec 2020 03:50
Last Modified: 16 Dec 2020 03:50
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17382

Actions (login required)

View Item View Item