PERAN AKTIVIS PENELEH DALAM PENANAMAN PENDIDIKAN ISLAM MELALUI KEMANDIRIAN BERPIKIR DAN MOTIVASI BELAJAR PEMUDA PESISIR SIDEM TULUNGAGUNG

DHEA ALFINA DAMATUSSOLAH, 17201163394 (2020) PERAN AKTIVIS PENELEH DALAM PENANAMAN PENDIDIKAN ISLAM MELALUI KEMANDIRIAN BERPIKIR DAN MOTIVASI BELAJAR PEMUDA PESISIR SIDEM TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (670kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (922kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (367kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (256kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Aktivis Peneleh dalam Menanamkan Pendidikan Islam melalui Kemandirian Berpikir dan Motivasi Belajar Pemuda Pesisir Sidem Tulungagung” ini ditulis oleh Dhea Alfina Damatussolah, NIM 17201163394, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Hj. Indah Komsiyah,S.Ag,M.Pd. Kata kunci : Peran, Aktivis Peneleh, Pendidikan Islam Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan pemuda pesisir Sidem Tulungagung yang masih kurang akan pendidikan Islam. Letak geografis yang jauh dari pusat keramaian membuat banyak alasan pemuda tidak menjalankan pendidikan Islam dengan baik. Memerlukan adanya penanaman pendidikan Islam kembali agar membuat pemuda semakin meningkatkan kegiatan keislaman. Aktivis Peneleh mencoba untuk mambantu dalam menanamkan pendidikan Islam melalui kemandirian berpikir (Zelfbestuur) dan motivasi belajar. Maka dengan hal tersebut, perlu bagi peneliti untuk mengetahui bagaimana dengan penanaman pendidkan Islam oleh Aktivis Peneleh pada pemuda pesisir Sidem Tulungagung. Fokus Penelitian pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran Aktivis Peneleh dalam menanamkan pendidikan Islam melalui kemandirian berpikir pemuda pesisir Sidem Tulungagung? (2) Bagaimana peran Aktivis Peneleh dalam menanamkan pendidikan Islam melalui motivasi belajar pemuda pesisir Sidem Tulungagung? (3) Bagaimana hambatan dalam menanamkan pendidikan Islam melalui kemandirian berpikir dan motivasi belajar pemuda pesisir Sidem Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran Aktivis Peneleh dalam menanamkan pendidikan Islam melalui kemandirian berpikir pemuda Sidem Tulungagung, (2) Untuk mengetahui peran Aktivis Peneleh dalam menanamkan pendidikan Islam melalui motivasi belajar pemuda pesisir Sidem Tulungagung, (3) Untuk mengetahui hambatan dalam menanamkan pendidikan Islam melalui kemandirian berpikir dan motivasi belajar pemuda pesisir Sidem Tulungagung. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan penelitian, ketekunan pengamat, triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi teknik), pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Peran Aktivis Peneleh dalam menanamkan pendidikan Islam melalui kemandirian berpikir dan motivasi belajar pemuda pesisir Sidem Tulungagung: a) Merencananakan program keberlanjutan Aktivis Peneleh yang diawali dengan pendekatan kemasyarakat dan observasi kebutuhan pemuda pesisir Sidem Tulungagung. b) Melaksanakan program keberlanjutan, Peneleh Youth Volunteer Camp (PYVC) dalam rangka penanaman pendidikan Islam pada pemuda di pesisir Sidem Tulungagung. c) Mengenalkan sejarah dan pemikiran tokoh bangsa yaitu Hadjie Oemar Said (H.O.S)Tjokroaminoto dalam membawa semangat kemandirian berpikir (Zelfbestuur) di kehidupansehari-hari. d) Melakukan follow up kegiatan program keberlanjutan dengan memantau kegiatan keislaman di mushola dan kegiatan mengaji di madrasah pesisir Sidem Tulungagung. 2). Peran Aktivis Peneleh dalam menanamkan pendidikan Islam melalui motivasi belajar pemuda pesisir Sidem Tulungagung. a) Mengadakan kelas inspirasi pemuda dengan mendatangkan pemateri dosen IAIN Tulungagung membawa tema pentingnyan pendidikan Islam bagi pemuda. b) Melakukan pembiasaan terhadap pemuda untuk menjadikan mushola sebagai peradaban pemuda dalam kajian keislaman. c) Melakukan gerakan merawat wisata local dan merawat alam sekitar yaitu Goa Tobat dan Pantai Sidem dalam implementasi hablum minal alam. 3). Hambatan dalam menanamkan pendidikan Islam melalui kemandirian berpikir dan motivasi belajar pemuda pesisir Sidem Tulungagung: a) Hambatan yang dilalui ketika penanaman pendidikan Islam. 1) Kegiatan program keberlanjutan dilaksanakan di waktu yang kurangtepat. 2) Kesibukan pemuda akan pekerjaan masing-masing. 3) Tingkat pemikiran pemuda masih di bawah standar. b) Solusi: 1) Kegiatan dilaksanakan pada waktu malam hari. 2) Melakukan survei pekerjaan pemuda sebelum pelaksanaan program. 3) Melaksanakan kegiatan yang lebih sesuai dengan minat pemuda.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163394 DHEA ALFINA DAMATUSSOLAH
Date Deposited: 17 Dec 2020 01:56
Last Modified: 17 Dec 2020 01:56
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17365

Actions (login required)

View Item View Item