PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG

AMROINI NURINA NIHAYAH, 17201163097 (2020) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (736kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (530kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (365kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Akidah Akhlak Terhadap Akhlak Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Tulungagung” ini ditulis oleh Amroini Nurina Nihayah, NIM 17201163097, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Dr.H. Imam Junaris, S.Ag., M.H.I., NIP 196902052003121005. Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian Guru, Akhlak Kepada Guru, Akhlak Kepada Diri Sendiri. Penelitian ini dilatar belakangi karena kepribadian guru merupakan dasar dalam menjalankan tugas seorang guru. Oleh karena itu guru dituntut untuk memiliki pribadi yang tinggi, akhlak mulia, dan teladan. Pribadi guru yang baik akan mempengaruhi akhlak peserta didik. Karena dilingkungan sekolah guru adalah gambaran yang akan selalu ditiru oleh peserta didiknya. Rumusan Masalah: (1) Adakah pengaruh kompetensi kepribadian guru akidah akhlak terhadap akhlak peserta didik kepada guru di MTs Darul Hikmah Tulungagung? (2) Adakah pengaruh kompetensi kepribadian guru akidah akhlak terhadap akhlak peserta didik kepada diri sendiri di MTs Darul Hikmah Tulungagung? (3) Adakah pengaruh kompetensi kepribadian guru akidah akhlak terhadap akhlak peserta didik kepada guru dan diri sendiri di MTs Darul Hikmah Tulungagung?. Metode penelitian ini adalah Kuantitatif dengan Populasi siswa kelas VIII di MTs Darul Hikmah Tulungagung, yang terdiri dari 223 orang. Dengan teknik random sampling diperoleh 78 siswa. Variabel bebas: Kompetensi Kepribadian Guru. Variabel terikat: Akhlak Peserta Didik Kepada Guru dan Akhlak Peserta Didik Kepada Diri Sendiri. Teknik Pengumpulan data: Angket. Teknik Analisis Data: Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Linieritas, Uji Homogenitas, Uji Regresi Linier Sederhana dan Uji Manova dengan bantuan SPSS 16.0 For Windows Hasil penelitian: (1) ada pengaruh positif yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru akidah akhlak terhadap akhlak peserta didik kepada guru di MTs Darul Hikmah Tulungagung. Berdasarkan analisis Ha diterima, karena nilai karena thitung 14,002 > nilai ttabel 1,992 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. (2) ada pengaruh positif yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru akidah akhlak terhadap akhlak peserta didik kepada diri sendiri di MTs Darul Hikmah Tulungagung. Berdasarkan analisis Ha diterima, karena nilai thitung 6,300> nilai ttabel 1,992 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. (3) ada pengaruh positif yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru akidah akhlak terhadap akhlak peserta didik kepada guru dan akhlak peserta didik kepada diri sendiri di MTs Darul Hikmah Tulungagung. Berdasarkan Ha diterima dengan nilai signifikan 0,000< 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163097 AMROINI NURINA NIHAYAH
Date Deposited: 11 Dec 2020 04:03
Last Modified: 11 Dec 2020 04:03
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17360

Actions (login required)

View Item View Item