JUAL BELI ONLINE DENGAN MAXIMAL KEEP DALAM PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH (Studi Kasus Fullushop Tulungagung dan Panda Grosir Tulungagung)

BINTI EKA TRIA LUTFIANA, 17101163001 (2020) JUAL BELI ONLINE DENGAN MAXIMAL KEEP DALAM PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH (Studi Kasus Fullushop Tulungagung dan Panda Grosir Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Binti Eka Tria Lutfiana, 17101163001, Jual Beli Online Dengan Maximal Keep Dalam Perspektif Fiqih Muamalah, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, IAIN Tulungagung, 2020, Pembimbing: Dr. Ahmad Musonnif, M.H.I Kata Kunci: Maximal Keep, Jual Beli Online, Fiqih Muamalah Penelitian ini dilatarbelakangi adanya jual beli online dengan Maximal Keep dalam perspektif fiqih muamalah, yang memberikan tempo waktu pengambilan barang pembelian kepada konsumen. Tempo waktu pengambilan barang sebenarnya sudah memenuhi dari khiyar syarat, hanya saja tidak menjelaskan secara lebih detail bagaimana sistem tersebut diberlakukan di usaha online yang mereka didirikan. Oleh karena itu, sedikit yang merasa kecewa terhadap syarat Maximal Keep yang penjual cantumkan. Rumusan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana praktek jual beli online dengan syarat Maximal Keep, 2) Bagaimana tinjauan fiqih muamalah terhadap praktek jual beli online dengan syarat Maximal Keep ? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan praktek jual beli online dengan syarat Maximal Keep, 2) Untuk menganalisis tinjauan fiqih muamalah terhadap praktek jual beli online dengan syarat Maximal Kep. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pegumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pengamatan, wawancara atau penelaah dokumen dan dokumentasi. Sedangkan tekik analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Praktek jual beli Maximal Keep yang dilakukan Fullushop Tulungagung dan Panda Grosir Tulungagung merupakan transaksi e-commerce pada umumnya, meskipun demikian ada syarat dan ketentuan yang mengikuti sistem keep. Seperti halnya Maximal Keep 1x24 jam, 2x24 jam, atau paling lama 1 minggu. Sama halnya di Fullushop Tulungagung dan Panda Grosir Tulungagung, syarat keep yang diberlakukan keduanya sedikit berbeda diantaranya, jika Fullushop Tulungagung memberikan syarat Maximal Keep 1x24 jam di grup whatsapp dan 4 hari di aplikasi milik Fullushop Tulungagung. Sedangkan Panda Grosir Tulungagung memberikan syarat Maximal Keep 4 hari disemua akun media sosial Panda Grosir Tulungagung. Kepuasan konsumen mengenai syarat Maximal Keep ini sebagian puas dengan syaratnya dan sebagian kurang puas dengan pemberlakuan syarat Maximal Keep di usaha online shop tersebut. 2) Ditinjau dari Fiqh Muamalah jual beli online dengan syarat Maximal Keep sudah sesuai dengan rukun jual beli dengan menggunakan khiyar syarat, dimana penjual di awal transaksi telah menjelaskan penerapan sistem Maximal Keep dalam transaksi online yang diberlakukannya. Walaupun demikian masih ada beberapa konsumen yang belum memahami sistem tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 17101163001 BINTI EKA TRIA LUTFIANA
Date Deposited: 07 Dec 2020 03:10
Last Modified: 07 Dec 2020 03:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17345

Actions (login required)

View Item View Item