STRATEGI GURU MATA PELAJARAN SKI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS AL-MUSLIHUUN TLOGO KANIGORO BLITAR TAHUN AJARAN 2019/2020

ALIFKA MUTIARA MARWA, 17201163470 (2020) STRATEGI GURU MATA PELAJARAN SKI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS AL-MUSLIHUUN TLOGO KANIGORO BLITAR TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (775kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (749kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (168kB)

Abstract

ABSTRAK Alifka Mutiara Marwa. NIM 17201163470. Strategi Guru Mata Pelajaran SKI dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag. Kata Kunci : Strategi, SKI, Minat Belajar Hari ini dunia pendidikan mengalami masalah kurangnya minat belajar dalam diri peserta didik. Kenyataan yang terjadi sekarang, guru yang ada di Masdrasah atau sekolah yang kurang mempunyai dan menggunakan strategi mengajar atau pendekatan pembelajaran lain, kebanyakan mereka masih menggunakan pembelajaran yang tradisional dalam melakukan proses belajar mengajar. Pada tahun 2019 Kepala Madrasah memiliki kebijakan baru bahwa siswa di pilah menjadi tiga kategori : kelas unggulan (pintar), pondok, dan kelas biasa. Adanya strategi dalam pembelajaran adalah salah satu upaya dalam meningkatkan minat belajar peserta didik terutama dalam pelajaran SKI. pelaksanaan strategi ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidik sekaligus mampu menghasilkan output yang berkualitas di bidang akademik. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Strategi guru mata pelajaran SKI dalam meningkakan minat Belajar peserta didik di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar Tahun Ajaran 2019/2020?; (2) Bagaimana Kendala Strategi guru mata pelajaran SKI dalam meningkakan minat Belajar peserta didik di MTs AlMuslihuun Tlogo Kanigoro Blitar Tahun Ajaran 2019/2020 ?; (3) Bagaimana Dampak Strategi guru mata pelajaran SKI dalam meningkakan minat Belajar peserta didik di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar Tahun Ajaran 2019/2020?. Adapun Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi guru mata pelajaran SKI dalam meningkakan minat belajar peserta didik di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar Tahun Ajaran 2019/2020; (2) Untuk mengetahui Kendala strategi guru mata pelajaran SKI dalam meningkakan minat belajar peserta didik di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar Tahun Ajaran 2019/2020; (3) Untuk mengetahui dampak strategi guru mata pelajaran SKI dalam meningkakan minat belajar peserta didik di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah studi kasus. Sumber data Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru SKI, Peserta Didik, dan Dokumentasi. Tehnik pengumpulan data observasi penelitian, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data pemeriksaan teman sejawat melalui perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi.xxi Hasil penelitian. 1) strategi guru mata pelajaran SKI dalam meningkakan minat belajar peserta didik di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar mencangkup Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran dengan modul, Pembelajaran inkuiri, Pembelajaran Ekspositori dengan strategi praktis Pendekatan ke peserta didik.,Pengkondisian kelas, Menerapkan metode sebagai implementasi dari strategi guru SK, Menggunakan Media sebagai implementasi strategi guru SKI. 2) Kendala strategi guru mata pelajaran SKI dalam meningkakan minat belajar peserta didik meliputi Faktor Intren (Fakor psikologi (minat, perhatian),Faktor kesehatan (tidur di dalam kelas, sakit)), Faktor Ekstern (Faktor keluarga Ekonomi keluarga , Faktor sekolah, waktu,kesulitan memahami materi; 3) Dampak strategi guru mata pelajaran SKI dalam meningkakan minat belajar peserta didik meliputi dampak positif (Paham akan Materi, Senang dengan SKI, Mengetahui sejarah), dampak negatif (nilai).

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PAI 17201163470 ALIFKA MUTIARA MARWA
Date Deposited: 04 Dec 2020 03:49
Last Modified: 04 Dec 2020 03:49
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17327

Actions (login required)

View Item View Item