PERBEDAAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS VIII MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI MTS NEGERI 5 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019-2020

SINTIA ARYA NURFAIDA, 17204163212 (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS VIII MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI MTS NEGERI 5 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019-2020. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (843kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (438kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (520kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (891kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (254kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning Dan Quantum Learning Pada Siswa Kelas VIII Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di MTs Negeri 5 Tulungagung Tahun Ajaran 2019-2020” ini ditulis oleh Sintia Arya Nurfaida, NIM. 17204163212, Pembimbing Samsul Bakri, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Model pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, Quantum Learning, Bangun ruang sisi datar Penelitian ini dilatar belakangi dengan sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di MTs Negeri 5 Tulungagung selama ini masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Yang mana pada saat proses pembelajaran berlangsung gurulah yang cenderung aktif, Sehingga siswa menjadi bosan, pasif dan kurang termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Akibatnya akan berpengaruh pada hasil belajar siswa ketika didalam kelas. Dengan berorientasi pada masalah ini, peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Quantum Learning. Contextual Teaching and Learning dan Quantum Learning merupakan model pembelajaran yang dapat melatih keterampilan kognitif siswa, belajar menemukan dan memecahkan masalah, serta mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning menekankan pada pembelajaran bermakna yang dapat diterapkan pada materi bangun ruang sisi datar. Keterkaitan antara materi bangun ruang sisi datar dengan kehidupan sehari-hari membuat materi bersifat fungsional. Seperti halnya Contextual Teaching and Learning, model Quantum Learning juga dapat diterapkan pada materi bangun ruang sisi datar. Quantum Learning dapat memberikan motivasi kepada siswa dalam mempelajari materi bangun ruang sisi datar. Hal ini dapat membuat siswa merasa bersemangat serta timbul kepercayaan dirinya, sehingga dapat menumbuhkan minat siswa terhadap materi bangun ruang sisi datar. Quantum Learning mendukung proses pembelajaran materi bangun ruang sisi datar dengan meningkatkan kerja otak melalui musik. Iringan musik akan mewujudkan suasana lebih menyenangkan sehingga materi bangun ruang sisi datar yang disampaikan lebih mudah diterima. Rumusan masalah dalam penelitian ini, sebagai berikut: (1) Apakah ada pengaruh hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas VIII materi Bangun Ruang Sisi Datar di MTs Negeri 5 Tulungagung tahun ajaran 2019-2020?. (2) Apakah ada pengaruh hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning pada siswa kelas VIII materi Bangun Ruang Sisi Datar di MTs Negeri 5 Tulungagung tahun ajaran 2019-2020?. (3) Apakah ada perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Quantum Learning pada siswa kelas VIII materi Bangun Ruang Sisi Datar di MTs Negeri 5 Tulungagung tahun ajaran 2019-2020?. (4) Manakah model pembelajaran xvi yang lebih baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII materi Bangun Ruang Sisi Datar di MTs Negeri 5 Tulungagung tahun ajaran 2019-2020? Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan ada tidaknya perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Quantum Learning serta mengetahui model pembelajaran yang lebih baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII materi Bangun Ruang Sisi Datar di MTs Negeri 5 Tulungagung tahun ajaran 2019- 2020 Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Dalam penelitian ini diambil dua kelas sebagai sampel. Penelitian ini mengambil kelas VIII-C dan VIII-D sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 dengan jumlah siswa sebanyak 64. Tenik pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan inferensial statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil perhitungan analisis data diperoleh pada taraf signifikan 5%, H1 dapat diterima dengan kriteria pengujian −

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163212 SINTIA ARYA NURFAIDA
Date Deposited: 02 Dec 2020 04:16
Last Modified: 02 Dec 2020 04:16
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17301

Actions (login required)

View Item View Item