PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS SISWA KELAS IV MI THORIQUL HUDA KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG

ARRIDHO, M. KHOLIQ (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS SISWA KELAS IV MI THORIQUL HUDA KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (84kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lanjutan BAB I.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lanjutan BAB II.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lanjutan BAB III.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lanjutan BAB IV.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ARIK fiks.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR arik fixs.pdf

Download (5kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI arik fixs.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN arik new fiks.pdf

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL arik fixs.pdf

Download (6kB)
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR arik fixs.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO arik fixs.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN arik fixs.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN arik fixs.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
sampul arik fixs.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sains Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh M. Kholiq Arridho, NIM. 3217113064, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung dibimbing oleh Moh. Arif, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Sains, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mata pelajaran Sains yang selama ini diajarkan di Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung masih monoton menggunakan metode ceramah dan akibatnya siswa merasa bosan sehingga kegiatan belajar yang selama ini berlangsung menjadi tidak efektif. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Sains pokok bahasan gaya siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung? (2) Apakah ada peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sains pokok bahasan gaya dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Sains siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung. Adapun tujuan penelitian dalam hal ini adalah : 1) Untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Sains pokok bahasan gaya siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015, 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Sains pokok bahasan gaya siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan, pola pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya meningkatkan kualitas diri sebagai guru. Bagi Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Kromasan Ngunut dapat dijadikan sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka merumuskan kebijakan pendidikan yang berkaitan dengan proses pembelajaran yang akan datang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda, Kromasan, Ngunut, Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, kategorisasi, sintesisasi, menyusun hipotesis kerja. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 70% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimum 70. Hasil belajar menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan presatsi belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Kromasan Ngunut dalam pembelajaran Sains. Hal ini dapat dilihat dari proses belajar mengajar dan nilai tes akhir pada proses belajar mengajar siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 67,85. Siswa yang mendapat nilai < 70 sebanyak 10 siswa (35,17%) dan > 70 sebanyak 18 siswa (64,28%). Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 85,71, siswa yang mendapat nilai > 70 sebanyak 23 siswa (82,14%) dan < 70 sebanyak 5 siswa (17,85%). Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah meningkatkan prestasi belajar Sains siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Kromasan, Ngunut, Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: M. KHOLIQ ARRIDHO
Date Deposited: 05 Oct 2015 06:22
Last Modified: 05 Oct 2015 06:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1730

Actions (login required)

View Item View Item