KREATIVITAS GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK di MTs NEGERI 5 TULUNGAGUNG

MUHAMAD SUGENG KHAISA, 17201163036 (2020) KREATIVITAS GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK di MTs NEGERI 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (792kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Kreativitas Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MTs Negeri 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Muhamad Sugeng Khaisa, NIM 17201163036, Tahun 2020, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Fathul Mujib, M.Ag. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Motivasi Belajar Peserta Didik Konteks dari penelitian ini adalah dilatar belakangi oleh adanya perkembangan zaman yang semakin modern, dalam kegitan pembelajaran guru tidak hanya sebatas menyampaikan materi secara biasa-biasa saja, akan tetapi guru dituntut kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran, sumber pembelajaran, dan media pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang kurang menarik menimbulkan peserta didik menjadi kurang bersemangat dalam belajar, peserta didik menjadi merasa bosan dan kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru. Dalam hal ini kreativitas guru dalam kegiatan pembelajaran sangat dibutuhkan agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar bagi peserta didik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru al-qur’an hadits dalam menggunakan metode pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 5 Tulungagung? (2) Bagaimana kreativitas guru al-qur’an hadits dalam menggunakan sumber pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 5 Tulungagung? (3) Bagaimana kreativitas guru al-qur’an hadits dalam menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 5 Tulungagung? Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif, serta menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Hasil penelitiannya adalah (1) Kreativitas guru al-qur’an hadits dalam menggunakan metode pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 5 Tulungagung yaitu mengkolaborasikan metode ceramah dengan ice breaking, mengkolaborasikan metode tanya jawab dengan metode talking stick, mengkolaborasikan metode ceramah dengan media slide (power point) dan metode tanya jawab. (2) Kreativitas guru al-qur’an hadits dalam menggunakan sumber pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 5 Tulungagung yaitu dengan menggunakan sumber dari buku modul, buku paket, kitab Al-Quran, serta menggunakan sumber dari internet. (3) Kreativitas guru al-qur’an hadits dalam menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 5 Tulungagung yaitu menggunakan media google classroom, menggunakan media LCD, serta menggunakan media quizizz.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163036 MUHAMAD SUGENG KHAISA
Date Deposited: 30 Nov 2020 01:21
Last Modified: 30 Nov 2020 01:21
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17274

Actions (login required)

View Item View Item