STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ALI ROBIDIN, 17201163173 (2020) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (590kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (617kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membina Akhlakul Karimah Peserta Didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Ali Robidin, NIM 17201163173, yang dibimbing oleh Bapak Muhammad Ridhlo Al Qodri Sri Utomo, M.A. Kata Kunci : Strategi Guru Akidah Akhlak, dan Akhlakul Karimah Pendidikan memiliki peranan pokok dalam membentuk generasi mendatang. Khususnya pendidikan islam mempunyai peranan penting yaitu merupakan pendidikan dalam menanamkan nilai-nilai ajaran agama islam. Dalam pendidikan islam salah satunya mengajarkan tentang akhlak atau perilaku. Akhlak merupakan hal yang sangat penting karena merupakan sesuatu yang menjadi dasar dalam diri seseorang yang menggambarkan perbuatan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu dibutuhkan strategi guru untuk mengajarkan dan membina akhlak yang baik pada peserta didik agar mereka memiliki akhlak yang baik sesuai dengan harapan para guru dan juga terutama orang tua peserta didik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru akhidah akhlak dalam membina akhlakul karimah kepada Allah SWT pada peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati kulon Sumbergempol Tulungagung?, (2) Bagaimana strategi guru akhidah akhlak dalam membina akhlakul karimah kepada diri sendiri dan kepada sesama manusia pada peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati kulon Sumbergempol Tulungagung?, (3) Apa faktor pendukung dan penghambat bagi guru akhidah akhlak dalam membina akhakul karimah peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati kulon Sumbergempol Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan (verifikasi). Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data, membicarakan dengan teman sejawat, dan menggunakan bahan referensi sebagai pendukung. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Strategi guru akhidah akhlak dalam membina akhlakul karimah kepada Allah SWT pada peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati kulon Sumbergempol Tulungagung yaitu dengan cara (a) pemberian materi dan juga motivasi berkaitan dengan akhlakul karimah kepada Allah SWT, (b) menggunakan cara pembiasaan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan akhlakul karimah kepada Allah SWT seperti melaksanakan ibadah, membaca Al-Qur‟an, (c) pemberian contoh atau teladan yang baik oleh seorang guru kepada peserta didik. (2) Strategi guru akhidah akhlak dalam membina akhlakul karimah kepada diri sendiri dan kepada sesama manusia pada peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati kulon Sumbergempol Tulungagung yaitu dengan cara (a) pemberian materi tentang akhlakul karimah pada diri dan sesama manusia, (b) menggunakan cara latihan, yaitu melatih peserta didik melakukan sesuatu hal yang baik dalam sehari-hari, (c) pemberian nasehat pada peserta didik ketika ada hal yang kurang sesuai dengan apa yang sudah diarahkan oleh guru. (3) faktor pendukung dan penghambat bagi guru akhidah akhlak dalam membina akhakul karimah peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati kulon Sumbergempol Tulungagung yaitu (a) faktor yang mendukung dalam pembinaan akhlakul karimah yaitu kerjasama antara guru dan orang tua peserta didik, (b) sedangkan faktor penghambatnya yaitu dari daya tangkap atau pemahaman peserta didik yang antara satu anak dengan yang lain tentunya berbeda. Meskipun begitu guru terus berusaha memberikan pembinaan untuk menjadikan peserta didik memiliki akhlakul karimah yang sesuai dengan harapan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163173 ALI ROBIDIN
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:29
Last Modified: 30 Nov 2020 04:29
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17273

Actions (login required)

View Item View Item