ANALISIS PEMAHAMAN SISWA BERDASARKAN TEORI BRUNER DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI POKOK SUDUT DAN GARIS PADA KELAS VII-A MTs GUPPI POGALAN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2014/2015

ATIKASARI, HADI (2015) ANALISIS PEMAHAMAN SISWA BERDASARKAN TEORI BRUNER DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI POKOK SUDUT DAN GARIS PADA KELAS VII-A MTs GUPPI POGALAN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (709kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Pemahaman Siswa Berdasarkan Teori Bruner dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pokok Sudut dan Garis pada Kelas VII-A MTs Guppi Pogalan Trenggalek Tahun Ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Hadi Atikasari dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Teori Bruner, Pemahaman Siswa Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang masih kurang memahami konsep geometri khususnya sudut dan garis. Oleh karena itu peneliti menganalisis pemahaman siswa berdasarkan teori Bruner dari Jerome S Bruner (Teori Bruner) dengan tiga indikator pemahaman yaitu enaktif (konkret), ikonik (semi konkret), dan simbolik (abstrak). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-A Madrasah Tsanawiyah Guppi Pogalan Trenggalek. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bagaimana tingkat pemahaman siswa berdasarkan Teori Bruner pada tahap enaktif dalam menyelesaikan soal matematika materi pokok sudut dan garis pada kelas VII-A MTs Guppi Pogalan Trenggalek tahun ajaran 2014/2015?, (2) bagaimana tingkat pemahaman siswa berdasarkan Teori Bruner pada tahap ikonik dalam menyelesaikan soal matematika materi pokok sudut dan garis pada kelas VII-A MTs Guppi Pogalan Trenggalek tahun ajaran 2014/2015?, (3) bagaimana tingkat pemahaman siswa berdasarkan Teori Bruner pada tahap simbolik dalam menyelesaikan soal matematika materi pokok sudut dan garis pada kelas VII-A MTs Guppi Pogalan Trenggalek tahun ajaran 2014/2015?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) untuk mendiskripsikan tingkat pemahaman siswa berdasarkan Teori Bruner pada tahap enaktif dalam menyelesaikan soal matematika materi pokok sudut dan garis pada kelas VII-A MTs Guppi Pogalan Trenggalek tahun ajaran 2014/2015, (2) untuk mendiskripsikan tingkat pemahaman siswa berdasarkan Teori Bruner pada tahap ikonik dalam menyelesaikan soal matematika materi pokok sudut dan garis pada kelas VII-A MTs Guppi Pogalan Trenggalek tahun ajaran 2014/2015, (3) untuk mendiskripsikan tingkat pemahaman siswa berdasarkan Teori Bruner pada tahap simbolik dalam menyelesaikan soal matematika materi pokok sudut dan garis pada kelas VII-A MTs Guppi Pogalan Trenggalek tahun ajaran 2014/2015. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah pengetahuan dan pengalaman dalam menerapkan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah terhadap masalah yang dihadapi di dunia pendidikan secara nyata. Memberi pengalaman dan alternatif lain bagi guru matematika yang terlibat dalam penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman siswa ke tahap ikonik melalui penggunaan benda nyata terlebih dulu. Bagi Madrasah Tsanawiyah Guppi Pogalan Trenggalek, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran dengan pengadaan alat peraga khususnya pada pelajaran matematika. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi dalam melakukan penelitian yang lebih lanjut yaitu untuk menerapkan suatu pembelajaran yang dimulai dengan situasi nyata. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis pemahaman siswa tentang pokok bahasan sudut dan garis peneliti membuat instrument penelitian dan memvalidasinya dulu. Selanjutnya melakukan observasi saat pembelajaran dikelas. Melaksanakan tes dan wawancara dengan beberapa siswa kemudian menganalisis hasilnya. Analisis data dilakukan dengan cara (1) mereduksi data, (2) menyajikan data, dan (3) menyimpulkan data. Hasil penelitian, Pada tahap enaktif siswa memahami soal sudut dan garis dengan mengamati benda nyata berupa papan tulis yang berbentuk persegi panjang di kelasnya. Pada tahap ikonik siswa memahami soal sudut dan garis melalui media gambar berupa kubus dan persegi panjang. Dan pada tahap simbolik siswa memahami soal sudut dan garis melalui simbol-simbol matematika secara langsung. Setelah diadakan penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata pemahaman siswa kelas VII-A MTs Guppi Pogalan Trenggalek dalam menyelesaikan soal sudut dan garis masih sampai pada tahap enaktif. Pada tahap enaktif sebanyak 26 siswa sudah mampu memahami soal tahap enaktif dengan benar dan 4 siswa belum mampu memahami soal enaktif. 12 siswa sudah mampu memahami soal ikonik dan 8 siswa mampu memahami soal tahap simbolik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: HADI ATIKASARI
Date Deposited: 12 Aug 2015 02:58
Last Modified: 12 Aug 2015 02:58
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/1727

Actions (login required)

View Item View Item