IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SANTRI PONDOK PESANTREN (Studi Multikasus di Pondok Modern Darul Hikmah dan Pondok Pesantren Al Falah Karangsari Rejotangan Kabupaten Tulungagung)

INTOKOWATI, 12508174014 (2020) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SANTRI PONDOK PESANTREN (Studi Multikasus di Pondok Modern Darul Hikmah dan Pondok Pesantren Al Falah Karangsari Rejotangan Kabupaten Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (45kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Manajemen Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Santri Pondok Pesantren (Studi Multi Kasus di Pondok Modern Darul Hikmah Tulungagung dan Pondok Pesantren Al Falah Karangsari Rejotangan Kabupaten Tulungagung) ini ditulis oleh Intokowati dengan pembimbing Dr. Agus Eko Sujianto, SE, MM. dan Dr. Nurul Hidayah M.Ag. Kata Kunci : Manajemen Kewirausaahaan, Kesejahteraan Santri, Pondok Pesantren Penelitian tesis ini di Pondok Modern Darul Hikmah dan Pondok Pesantren Al Falah. Peneliti merasa resah karena ada kegiatan wirausaha di kedua pondok tersebut yang tidak sama dalam pengelolaan manajemennya maupun penggunaan hasil yang diperoleh dari kegiatan wirausaha yang dikembangkan. Pondok Modern Darul Hikmah lebih mengarah ke sistem manajemen modern sedangkan Pondok Pesantren Al Falah masih bersifat tradisional dan manual. Untuk hasil yang diterima pada pondok Darul Hikmah masuk ke badan usaha dan unit-unit yang mengelola sedangkan untuk Al Falah hasil usaha dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan hidup para santri yang mukim di Pesantren. Fokus masalah dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana manajemen kewirausahaan di Pondok Modern Darul Hikmah Tulungagung dan Pondok Pesantren Al Falah Karangsari Rejotangan?; (2) Bagaimana kendala yang dihadapi dalam melakukan kegiatan wirausaha di Pondok Modern Darul Hikmah Tulungagung dan Pondok Pesantren Al Falah Karangsari Rejotangan?; (3) Bagaimana cara mengatasi kendala yang muncul dalam kegiatan wirausaha di Pondok Modern Darul Hikmah Tulungagung dan Pondok Pesantren Al Falah Karangsari Rejotangan? Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Pondok Darul Hikmah dalam menerapkan manajemen kewirausahaan pondok sudah lebih tertata dan modern sedangkan untuk Pondok Pesantren Al Falah masih tradisional dan manual. (2) Kendala yang dihadapi Pondok Darul Hikmah adalah dibidang pemasaran dan inovasi produk, SDM sebagai pemdamping para santri dalam menjalankan usaha, tempat usaha yang kurang representative sedangkan untuk pesantren Al Falah kurangnya modal usaha, minimnya SDM yang trampil dan pengetahuan para santri dalam manajemen kewirausahaan modern. (3)Dalam menghadapi kendala dibidang usaha pimpinan pondok memanfaatkan para alumni untuk melakukan terobosan baru dalam pengembangan sistem dan jaringan bisnis menerapkan sistem POAC dalam manegemen usahanya, sedangkan untuk Pondok Al Falah dalam menghadapi kendala permodalan dengan melalui pendekatan ke dinas dan instansi terkait untuk mengembangkan usahanya.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12508174014 INTOKOWATI
Date Deposited: 20 Nov 2020 03:19
Last Modified: 20 Nov 2020 03:19
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17236

Actions (login required)

View Item View Item