KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE PISA BERDASARKAN TAHAPAN POLYA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS X MIA 1 MAN 3 TULUNGAGUNG

KHAROMATUS SANIAH, 17204163030 (2020) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE PISA BERDASARKAN TAHAPAN POLYA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS X MIA 1 MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (915kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Tipe PISA Berdasarkan Tahapan Polya Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas X MIA 1 MAN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Kharomatus Saniah, NIM. 17204163030, pembimbing Dr. Muniri M.Pd., NIP.196811302007011002 Kata Kunci: Literasi matematika, tahapan Polya, soal PISA, kemampuan matematika Salah satu cara untuk mengetahui kemampuan dalam penggunaan keahlian matematika adalah dengan mengetahui level literasi matematika. Literasi matematika merupakan kemampuan atau pengetahuan untuk mengetahhui dan menggunakan dasar matematika dalam kehidupan sehari-hari dan memecahkan masalah serta mengenali peranan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Setiap siswa memiliki kemampuan matematika berbeda yang mengakibatkan perbedaan tingkatan level literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA berdasarkan tahapan Polya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kemampuan literasi matematika siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal tipe PISA berdasarkan tahapan polya kelas X MIA 1 MAN 3 Tulungagung. 2) kemampuan literasi matematika siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal tipe PISA berdasarkan tahapan polya kelas X MIA 1 MAN 3 Tulungagung. 3) mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal tipe PISA berdasarkan tahapan polya kelas X MIA 1 MAN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Kehadiran peneliti yaitu menjadikan peneliti sebagai instrument utama dalam pengumpulan data. Lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 3 Tulungagung. Data penelitian yang diperoleh berupa data tes tertulis dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) subjek berkemampuan matematika tinggi mempunyai kemampuan literasi matematika pada level 2 berdasarkan tahapan Polya, dalam menyelesaikan soal subjek berkemampuan matematika tinggi mampu mengerjakan soal dengan benar pada soal nomor 1 dan 2 yang setiap soal mewakili level literasi matematika, 2) subjek berkemampuan matematika sedang mempunyai kemampuan literasi matematika pada level 1 berdasarkan tahapan Polya, dalam menyelesaikan soal subjek berkemampuan matematika sedang mampu mengerjakan soal nomor 1 dan 2, akan tetapi pada soalnomor 2 terjadi kesalahan pada tahap merencanakan penyelesaian yang mengakibatkan tahapan selanjutnya serta hasil yang diperoleh menajdi belum benar, jadi subjek berkemampuan matematika sedang hanya mengerjakan soal dengan benar pada soal nomor 1 yang soal tersebut mewakili level literasi matematika, 3) subjek berkemampuan matematika rendah belum bisa didefinisikan levelnya pada PISA berdasarkan tahapan Polya, dalam menyelesaikan soal subjek berkemampuan matematika rendah hanya mengerjakan soal nomor 1, dan pada saat pengerjaan terjadi kesalahan pada tahap pertama yakni tahap memahami masalah, yang mengakibatkan tahap – tahap selanjutnya dan hasil akhir menjadi belum benar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163030 KHAROMATUS SANIAH
Date Deposited: 15 Dec 2020 04:32
Last Modified: 15 Dec 2020 04:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17232

Actions (login required)

View Item View Item