STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTS AL GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

IKKE YULIA ANDREAN, 17201163190 (2020) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTS AL GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (468kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (270kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (743kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (344kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa di MTs Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Ikke Yulia Andrean, NIM. 17201163190, dosen pembimbing Dr.Dwi Astuti Wahyu Nurhayati, S.S, M.Pd. Kata Kunci: Strategi guru akidah akhlak, Menanamkan karakter religius Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya permasalahan moral berkaitan dengan karakter anak usia sekolah yang ditunjukan melalui berbagai media dan berita. Hal ini menjadi suatu ketimpangan dengan tujuan pendidikan karakter di Indonesia yang bisa dikatakan masih belum optimal. Dalam menanamkan karakter siswa, guru memiliki peran yang sangat penting, sehingga perlu adanya strategi guru dalam menanamkan karakter agar tujuan dari penanaman karakter bisa benar-benar terwujud. Karakter utama yang perlu ditanamkan adalah karakter religius atau karakter Islami khususnya di lembaga Madrasah. Fokus skripsi ini adalah: (1) Bagaimana rencana tindakan guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter religius peserta didik di MTs Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana problematika strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter religius peserta didik di MTs Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana solusi problematika strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter religius peserta didik di MTsN Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Lokasi penelitian di MTs Al Ghozali, Desa Panjerejo, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung. Dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengabsahan data menggunakan ketekunan pengamat, triangulasi dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Rencana tindakan guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter religius peserta didik di MTs Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung dilakukan yaitu: melalui kegiatan pembelajaran di kelas dan melalui kegiatan pembiasaan di luar kelas. (2) Problematika strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter religius peserta didik di MTs Al Ghozali yaitu: pertama berasal dari faktor internal yaitu: siswa yang memiliki sifat bandel, sulit diatur dan kurangnya motivasi dan minat belajar, kedua faktor eksternal yaitu: latar belakang keluarga siswa yang memiliki karakter keagamaan kurang baik dan tidak mengawasi perilaku dan perkembangan keagamaan anak ketika di rumah serta lingkungan sekitar siswa yang kurang baik pula. (3) Solusi problematika strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter religius peserta didik di MTs Al Ghozali yaitu: pertama solusi problematika internal yaitu: adanya guru BK yang bertugas mengurus setiap masalah dan pelanggaran siswa sekaligus memberikan sanksi dan pengarahan, setiap siswadiberi buku tata tertib dan catatan pelanggaran sebagai alat kontrol dan kendali siswa, guru selalu memotivasi siswa dan mememberikan inspirasi untuk meningkatkan minat belajar siswa, kedua solusi dari problematika eksternal yaitu: melakukan kerja sama dan komunikasi semua pihak baik di lingkungan madrasah maupun dengan wali siswa di rumah guna mengatasi masalah-masalah yang dilakukan oleh siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163190 IKKE YULIA ANDREAN
Date Deposited: 19 Nov 2020 02:09
Last Modified: 19 Nov 2020 02:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17228

Actions (login required)

View Item View Item