IMPLEMENTASI KEGIATAN KOMPETENSI IBADAH SISWA (KIS) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MI ROUDLOTUT THOLIBIN REJOTANGAN TULUNGAGUNG

SANTRIAS FEBY KHOIRUNNISYAK, 17205163326 (2020) IMPLEMENTASI KEGIATAN KOMPETENSI IBADAH SISWA (KIS) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MI ROUDLOTUT THOLIBIN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (0B)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (241kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Kegiatan Kompetensi Ibadah Siswa (KIS) dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di MI Roudlotut Tholibin Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Santrias Feby Khoirunnisyak, NIM. 17205163326, pembimbing Prof. Dr. H. Munardji, M.Ag. Kata Kunci: Kompetensi Ibadah Siswa (KIS), Pembentukan Karakter Religius Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku pelajar yang belakangan ini memang sangat memprihatinkan, banyak berita dimedia masa cetak maupun elektronik yang memberitakan kasus pelajar seperti: kasus kekerasan, pencurian, pergaulan bebas, dan yang lainnya. Kasus-kasus tersebut berkaitan dengan kemerosotan moral dan sikap religius pada diri seseorang. Maka salah satu wadah guna membentuk karakter religius pada peserta didik yaitu dengan cara mengadakan suatu kegiatan bernama Kompetensi Ibadah Siswa (KIS) di madrasah yang dapat meningkatkan keimanan serta kedisiplinan peserta didik terhadap ajaran agama yang dianutnya. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan kegiatan Kompetensi Ibadah Siswa (KIS) untuk menanamkan nilai ilahiyah dalam pembentukan karakter religius siswa di MI Roudlotut Tholibin Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana penerapan kegiatan Kompetensi Ibadah Siswa (KIS) untuk menanamkan nilai insaniyah dalam pembentukan karakter religius siswa di MI Roudlotut Tholibin Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana penerapan kegiatan Kompetensi Ibadah Siswa (KIS) untuk menanamkan nilai kedisiplinan dalam pembentukan karakter religius siswa di MI Roudlotut Tholibin Rejotangan Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Penerapan kegiatan Kompetensi Ibadah Siswa (KIS) untuk menanamkan nilai ilahiyah dalam pembentukan karakter religius yaitu: pertama kegiatan rutin yaitu: Sholat Dhuha, Sholat Dhuhur berjamaah, manasik haji, puasa, istigotsah, tahlil, membaca yasin dan berdoa, kedua kegiatan spontan yaitu: menegur dan menasihati siswa, reward/punishment, infak/shodaqoh, membiasakan untuk bersyukur dan sabar, ketiga adanya program unggulan yang bernama KIS (Kompetensi Ibadah Siswa) dan keempat melalui metode pembiasaan yaitu: apel pagi untuk menambah mufrodat/kosa kata, hadits-hadits, doa-doa, surat-surat pendek, ayat pilihan dan Asmaul Husna. (2) Penerapan kegiatan Kompetensi Ibadah Siswa (KIS) untuk menanamkan nilai insaniyah dalam pembentukan karakter religius yaitu: pertama kegiatan ekstrakulikuler melukis, kaligrafi, pidato/MC, qiro’ah, seni suara, pramuka, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, kedua melalui kegiatan perlombaan,ketiga kegiatan spontan yaitu: menjenguk teman, bersilaturrahmi, bekerjasama serta kegiatan yang menyangkut budi pekerti dan akhlakul karimah, keempat melalui metode pembiasaan yaitu: budaya salam, senyum, sapa, beretika, amanah, membiasakan hidup hemat, pembiasaan sikap dermawan. (3) Penerapan kegiatan Kompetensi Ibadah Siswa (KIS) untuk menanamkan nilai kedisiplinan dalam pembentukan karakter religius seperti disiplin waktu, disiplin mentaati aturan, disiplin prilaku/sikap, dan disiplin menjalankan ibadah yaitu sholat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163326 SANTRIAS FEBY KHOIRUNNISYAK
Date Deposited: 19 Nov 2020 02:14
Last Modified: 19 Nov 2020 02:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17226

Actions (login required)

View Item View Item