PEMBELAJARAN SAINS DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI DI RA AL KHODIJAH PURWOREJO NGUNUT TULUNGAGUNG

AMRIE ARDHINA, 17206163038 (2020) PEMBELAJARAN SAINS DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI DI RA AL KHODIJAH PURWOREJO NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (707kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (446kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (793kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)

Abstract

ABSTRAK Amrie Ardhina, NIM.17206163038, Pembelajaran Sains dalam Mengembangkan Kognitif pada Anak Usia Dini di RA A1 Khodijah Purworejo Ngunut Tulungagung, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, IAIN Tulungagung, 2020, Pembimbing : Errifa Susilo, M.Pd Kata Kunci : Pembelajaran Sains, Mengembangkan Kognitif, Anak Usia Dini Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya pembelajaran sains yang menarik anak ketika melakukan eksperimen atau percobaan, sehingga anak mengetahui sebab-akibat secara nyata dari kegiatan pembelajaran. Serta untuk mengembangkan aspek perkembangan anak, salah satunya adalah kognitif. Pembelajaran dengan kegiatan percobaan dapat meningkatkan pengetahuan anak berupa sebab akibat yang nantinya akan di gunakan dalam kehidupan pada lingkungan sekitar anak. Fokus penelitian dalam penulisan ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran sains dalam mengembangkan kognitif pada anak usia dini kelompok B di RA Al Khodijah Purworejo Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran sains dalam mengembangkan kognitif pada anak usia dini kelompok B di RA Al Khodijah Purworejo Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana asesmen pembelajaran sains dalam mengembangkan kognitif pada anak usia dini kelompok B di RA Al Khodijah Purworejo Ngunut Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran sains dalam mengembangkan kognitif pada anak usia dini kelompok B RA Al Khodijah Purworejo Ngunut Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini peneliti dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran sains dengan perencanaan yang baik akan menghasilkan pembelajaran yang di harapkan, terbukti ketika penggunaan metode eksperimen dapat menambah pengetahuan secara nyata oleh peserta didik. Pengetahuan tersebut yang nantinya akan di gunakan pada kehidupan nya yang akan datang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206163038 Amrie Ardhina
Date Deposited: 17 Nov 2020 02:35
Last Modified: 17 Nov 2020 02:35
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17218

Actions (login required)

View Item View Item