STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI MA PLUS RADEN PAKU TRENGGALEK

MISBAHUL KHOIRI, 2811133156 (2020) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI MA PLUS RADEN PAKU TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (121kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di MA Plus Raden Paku Trenggalek” ini ditulis oleh Misbahul Khoir, NIM. 2811133156, dosen pembimbing Dr, FATHUL MUJIB, M. Ag Kata kunci: strategi guru, kualitas pembelajaran Konteks Penelitian ini adalah dilatar belakangi oleh fenomna yang terjadi kualitas Pendidikan Agama Islam masih belum maksimal. MA Plus Raden Paku Trenggalek merupakan salah satu sekolah swasta yang memiliki kualitas sangat baik dibandingkan dengan sekolah swasta yang lain. Hal ini terbukti dengan minat siswa untuk belajar disekolah tersebut sangat banyak dan saran prasarana disana sudah termasuk lengkap dibandingkan dengan sekolah swasta yang lain. Maka dari itu guru diminta melakukan pembelajaran yang maksimal dan profesional lebih khuusus guru pendidikan agama islam. Oleh karena itu peneliti berkeinginan untuk meneliti strategi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama islam di MA Plus raden Paku tenggalek yang nantinya bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi-materi keagamaan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1). Bagaimana Strategi Guru pendidikan Agama Islam (PAI) dalam memilih Sumber Belajar untuk Kualitas Pembelajaran di MA Plus Raden Paku Trenggalek ?. 2).Bagaimana Strategi Guru pendidikan Agama Islam (PAI) dalam memilih Media untuk Kualitas Pembelajaran di MA Plus Raden Paku Trenggalek?. 3).Bagaimana Strategi Guru pendidikan Agama Islam (PAI) dalam memilih Sumber Belajar untuk Metode di MA Plus Raden Paku Trenggalek? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah 1). Untuk mendiskripsikan strategi Guru pendidikan Agama Islam (PAI) dalam memilih Sumber Belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajar siswa di MA Plus raden Paku Trenggalek. 2).Untuk mendiskripsikan strategi Guru pendidikan Agama Islam (PAI) dalam memilih Media untuk meningkatkan kualitas pembelajar siswa di MA Plus raden Paku Trenggalek. 3). Untuk mendiskripsikan strategi Guru pendidikan Agama Islam (PAI) dalam memilih Metode untuk meningkatkan kualitas pembelajar siswa di MA Plus raden Paku Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode diskriptif. Sumberdata utama (primer) adalah guru PAI dalam sumber data ke dua (sekunder) adalah siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa 1). Ialah melihat pada karakter siswa belajar. Selanjutnya dengan melihat pada kemampuan setiap individu siswa dalam memahami materi yang disajikan. Terakhir, dengan melihat pada kondisi sosial yang ada pada saat proses pembelajaran. 2).Strategi Guru pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Memilih sumber belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MA Plus Raden Paku ialah dengan mengelompokkan sumber belajar berdasarkan pada tujuan pembuatan , bentuk atau isi sumber belajar, serta dengan mengelompokkan sumber belajarberdasarkan pada jenisnya.3). Strategi Guru pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Memilih Media untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MA Plus Raden Paku Trenggalek secara umum diantara dengan mempertimbangkan pada: fasilitas dan peralatan atau saran prasarana yang tersedia. Keekfetifan biaya. Waktu yang tersedia. kemudahan (Kemudahan disini berarti media tersebut memiliki kemampuan dalam menyajikan stimulus yang tepat, mengakomodasikan respon siswa yang tepat, serta kemampuan mengakomodasiakan umpan balik. Sehingga memberikan kemudahan kepada siswa). Dan secara khusus dari kondisi dan prinsip-prinsip psikologi (Motivasi, Perbedaan individu, dan tujuan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133156 MISBAHUL KHOIRI
Date Deposited: 16 Nov 2020 04:57
Last Modified: 16 Nov 2020 04:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17211

Actions (login required)

View Item View Item