MANAJEMEN KURIKULUM DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

ATY MAULANA, 17207163028 (2020) MANAJEMEN KURIKULUM DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Manajemen Kurikulum di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020”, ini ditulis oleh Aty Maulana, NIM. 17207163028, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Dr.Hj. Indah Komsiyah, S.Ag.M.Pd. Kata Kunci: Manajemen, Kurikulum. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena perkembangan zaman yang semakin maju dan pesat. Selain itu lembaga pendidikan dituntut untuk mengembangkan serta memajukan mutu pendidikanya. Dalam mengatasi tuntutan mutu pendidikan tersebut, maka perlu adanya upaya yang maksimal dari pihak pengelolaan madrasah. Kegiatan pengelolaannya yakni manajemen kurikulum di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung. Selain itu, adanya empat program kelas peminatan, diantaraya program tahfidz Al-Qur`an, program kitab kuning, program reguler dan kelas e-learning. Hal ini menjadi alasan peneliti mengangkat penelitian ini. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan kurikulum di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung?, (2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung?, (3) Bagaimana evaluasi kurikulum di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan kurikulum, pelaksaanan kurikulum serta evaluasi di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan (1) pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, (2) dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, (3) teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, (4) pengecekan keabsahan data dapat dilakukan dengan credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukan : (1) Perencanaan Kurikulum dibuat secara teliti dan hasil mufakat bersama pemilik yayasan pondok pesantren, kepala sekolah, para ulama dan konsultan pendidikan. Adanya integrated kurikulum, kurikulum dari departemen agama dan kurikulum pondok pesantren salafiyah. Perencanaan kurikulum diadopsi dari kurikulum nasional, kemudian dikembangkan sesuai dengan kebutuhan lembaga. Setiap awal semester seluruh pendidik dan juga tenaga kependidikan musyawarah rapat kerja bersama untuk menentukan program satu semester kedepan. Sebelum masuk MTs Darul Falah peserta didik memilih salah satu program yang diminatinya yakni: program kelas kitab, tahfidz al-Qur`an, reguler atau program kelas e-learning dan mengikuti ujian test terlebih dahulu. (2) Pembagian kelas peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung ini sesuai dengan peminatan dan ujian test masuk beserta persetujuan wali siswa tersebut, pelaksaaan kurikulum di MTs Darul FalahBendiljati Kulon Tulungagung, memulai proses pembelajaran dengan adanya buku pedoman kurikulum yang ada, dimana kurikulum tersebut direalisasikan dalam pembelajaran sehari-harinya. (3) Evaluasi yang dilakukan seluruh pengajar setiap satu bulan sekali pada awal bulan, seluruh pengajar mengadakan rapat di mana rapat tersebut membahas permasalahan demi permasalahan yang dihadapi oleh masing-masing pengajar. Evaluasi bersama wali murid komite dan semua jajaran tenaga pendidik dan kependidikan setiap triwulan sekali, Evaluasi setiap satu tahun sekali diadakan bersama yayasan, kepala sekolah, para ulama dan konsultan pendidikan. Penilaian pembelajaran di kelas menggunakan Computer Based Test (CBT) untuk mengukur kemampuan siswa. Evaluasi pembelajaran peserta didik berbentuk numerik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17207163028 ATY MAULANA
Date Deposited: 06 Nov 2020 03:00
Last Modified: 06 Nov 2020 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17166

Actions (login required)

View Item View Item