KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DI MTsN 2 TULUNGAGUNG

AFNI ATIKA ROHMAH, 17204163289 (2020) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DI MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (336kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (435kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB IV..pdf

Download (860kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Ditinjau Dari Gaya Belajar di MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Afni Atika Rohmah, NIM 17204163289, Pembimbing Nur Cholis. S.Pd,I., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Open Ended, Gaya Belajar. Penelitian ini membahas mengenai kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open ended dilihat dari perbedaan gaya belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa ketika menyelesaikan soal matematika terutama tipe soal open ended. Kurangnya kemampuan berpikir kreatif ini mengakibatkan siswa kurang optimal dalam menemukan ide atau gagasan baru untuk menyelesaikan permasalahan pada soal. Selain itu, perbedaan cara memproses informasi masing-masing siswa ketika belajar yang beragam, menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif berhubungan dengan gaya belajar. Adapun tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik dalam menyelesaikan soal open ended. Metode yang digunakan dalam ini adalah metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study kasus.Lokasi penelitian adalah MTsN 2 Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) angket, (2) tes, (3) wawancara, (4) dokumentasi. Pemberian angket dilakukan untuk mengetahui berbedaan gaya belajar siswa dalam kelas penelitian dan sebagai cara menentukan subjek penelitian. Tes dan wawancara dilakukan untuk mengetahui lebih dalam proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open ended yang diberikan. Dokumentasi dilakukan untuk memperkuat data yang diperoleh dalam penelitian. Subjek yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 6 siswa dengan 2 siswa mewakili setiap gaya belajar. Adapaun pemilihan subjek penelitian ini berdasarkan pada hasil data yang diperoleh sebelumnya dan pertimbangan guru matematika yang mengajar siswa tersebut.Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal open ended pada tingkat 3 dikatakan kreatif karena memenuhi indikator kefasihan dan keluwesan namun tidak mampu memenuhi indikator kebaruan, (2) kemampuan berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar auditori dalam menyelesaikan soal open ended pada tingkat 3 dikatakan kreatif karena memenuhi indikator kefasihan dan keluwesan namun tidak mampu memenuhi indikator kebaruan, (3) kemampuan berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal open ended pada tingkat 1 dikatakan kurang kreatif karena hanya memenuhi indikator kefasihan dan tidak mampu memenuhi indikator keluwesan dan kebaruan. Namun, dalam mengerjakan soal open ended, kemampuan berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar visual lebih baik dibandingkan gaya belajar auditori dan kinestetik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163289 AFNI ATIKA ROHMAH
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:10
Last Modified: 23 Dec 2020 03:10
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17151

Actions (login required)

View Item View Item