PENERAPAN METODE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V MIN KOLOMAYAN WONODADI BLITAR

FATMANUVITA, FADILA (2015) PENERAPAN METODE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V MIN KOLOMAYAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1. halaman sampul.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab 1.pdf

Download (50kB)
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar rujukan.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Think Pair and Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN Kolomayan Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Fadila Fatmanuvita, NIM. 3217113035, Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci: Metode Think Pair and Share, Hasil Belajar. Penelitianini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran IPS di madrasah, yang hasil belajar siswanya masih relatif rendah. Penggunaan metode Think Pair and Share dalam proses belajar mengajar diharap dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar IPS, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Penerapan Metode Think Pair and Share (TPS) Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V MIN Kolomayan Wonodadi Blitar? (2) Apakah ada Peningkatan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V MIN Kolomayan Wonodadi Blitar dengan Penggunaan Metode Think Pair and Share (TPS)? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan Metode Think Pair and Share (TPS) pada mata pelajaran IPS pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Indonesia siswa kelas V di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2014/2015. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaanmetode Think Pair and Share (TPS) pada mata pelajaran IPS pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Indonesia siswa kelas V di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Think Pair and Share (TPS) melalui langkah kegiatan awal,inti dan akhir dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan prestasibelajar siswa dari siklus I ke siklus IIyaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 62,44 (41,17%) yang berada pada kriteria cukup baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 81,76 (88,23%) dan berada pada kriteria baik. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan metode think pair and share dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: FADILA FATMANUVITA
Date Deposited: 07 Aug 2015 03:29
Last Modified: 07 Aug 2015 03:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1715

Actions (login required)

View Item View Item