HUBUNGAN ANTARA KESADARAN DIRI (SELF AWARENESS) DENGAN PERENCANAAN KARIER PADA SISWA SMK AL AZHAAR TULUNGAGUNG

MUHAMAD SAMSUL ARIPIN, 17306163047 (2020) HUBUNGAN ANTARA KESADARAN DIRI (SELF AWARENESS) DENGAN PERENCANAAN KARIER PADA SISWA SMK AL AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (528kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (437kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (641kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)

Abstract

ABSTRAK Muhamad Samsul Aripin. NIM 17306163047. Hubungan antara Kesadaran Diri (Self Awareness) dengan Perencanaan Karier pada Siswa SMK Al Azhaar Tulungagung. Skripsi, Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Program Sarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Uswah Wardiana, M.Si. Kata Kunci: Kesadaran Diri (Self Awareness), Perencanaan Karier Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang ditemui peneliti ketika melakukan observasi dan wawancara di SMK Al Azhaar Tulungagung. Fenomena tersebut adalah kesulitan yang dialami oleh mayoritas siswa ketika harus menjelaskan mengenai diri mereka sendiri, serta kebingungan terkait jurusan kuliah atau pekerjaan yang bisa mereka pilih ketika lulus. Berdasarkan fenomena tersebut, maka penulis melakukan penelitian dengan hipotesis yang berbunyi ada hubungan antara kesadaran diri (self awareness) dengan perencanaan karier pada siswa SMK Al Azhaar Tulungagung. Terdapat dua rumusan masalah dalam penelitian ini, pertama bagaimana tingkat kesadaran diri (self awareness) dan perencanaan karier siswa di SMK Al Azhaar Tulungagung?. Kedua, bagaimana hubungan antara kesadaran diri (self awareness) dengan perencanaan karier siswa di SMK Al Azhaar Tulungagung?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah serta mengetahui dan menguji kebenaran hipotesis penelitian yang menyatakan terdapat hubungan antara kesadaran diri (self awareness) dengan perencanaan karier pada siswa SMK Al Azhaar Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua angket dengan skala Linkert sebagai skala pengukurannya, yakni angket Kesadaran diri (self awareness) dan angket Perencanaan karier. Angket Kesadaran diri (Self Awareness) disusun berdasarkan teori dari Daniel Goleman, sedangkan angket Perencanaan karier disusun berdasarkan teori dari John Milton Dillard.Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siswi SMK Al Azhaar Tulungagung yang berjumlah 88 orang, seluruh anggota populasi dijadikan subjek karena jumlahnya yang kurang dari 100. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik korelasi Product Moment Pearson dengan sebelumnya melalui uji prasarat analisis berupa uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan uji normalitas didapatkan nilai signifikasi pada dua variabel sebesar 0,478 ( p > 0,05) artinya data berdistribusi normal, dan dari hasil uji linieritas didapatkan nilai signifikasi pada Linierity sebesar 0,000 ( p < 0,05), sehingga hubungan kedua variabel bersifat linier. Hasil analisis data penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara kesadaran diri (self awareness) dengan perencanaan karier pada siswa SMK Al Azhaar Tulungagung dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0, 412, serta Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 ( p < 0,05). Derajat hubungan/korelasi kedua variabel berkategori sedang dan hubungannya bersifat positif. Data dianalasis menggunakan bantuan program Statistical Product Service Solution (SPSS) 20 for windows.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 17306163047 MUHAMAD SAMSUL ARIPIN
Date Deposited: 03 Nov 2020 04:16
Last Modified: 03 Nov 2020 04:16
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17149

Actions (login required)

View Item View Item