GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL

ASNAWATI, 17201163383 (2020) GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (300kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 2 Sumbergempol” ini ditulis oleh Asnawati, NIM 17201163383, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang di bimbing oleh Dr. Luluk Atirotuz Zahroh, M.Pd. Kata kunci: Guru PAI, Pembinaan Karakter Peserta didik. Latar Belakang Masalah: Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembinaan karakter Peserta didik di SMP Negeri 2 Sumbergempol. Karakter yang diteliti yaitu disiplin dan tanggung jawab. Pembinaan Karakter ini sendiri memiliki tujuan agar siswa memiliki karakter- karakter tersebut sehingga menjadi manusia yang terbiasa untuk disiplin dan tanggung jawab dimanapun ia berada. Adapun yang menjadi Rumusan Masalah Peneliti ini adalah : (1) Bagaimana Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Karakter Disiplin di SMP Negeri 2 Sumbergempol? (2) Bagaimana Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Karakter Tanggung jawab di SMP Negeri 2 Sumbergempol ? (3) Apa saja faktor Penghambat dan Pendukung dalam Pembinaan karakter disiplin dan Tanggung jawab Peserta didik melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sumbergempol? Adapun yang menjadi tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk Mengetahui tentang Guru Pendidikan Agama Islam terhadap pembinaan karakter disiplin pada peserta didik di SMP Negeri 2 Sumber gempol. (2) Untuk Mengetahui tentang Guru Pendidikan Agama Islam terhadap pembinaan karakter Tanggung jawab. (3) Untuk Mengetahui Faktor Penghambat dan Pendukung dalam pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam. ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data mengunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan penelitian, ketekunan pengamat, triangulasi (triangulasi sumber dan teknik). Hasil penetilian : (1) Karakter disiplin peserta didik selalu ditanamkan dan dibina oleh guru baik itu pada jam belajar maupun pada jam diluar belajar. Dikarenakan karakter disiplin sangat penting sekali diberikan kepada peserta didik di masa perkembanganya beranjak dewasa. Sebelum memberika disiplin pada peserta didik guru terlebih dahulu yang harus mencontohkanya seperti datang tepat waktu, ikut serta dalam upacra bendera dan sebagainya. (2) Guru dalam menanamkan tanggung jawab pada peserta didik di SMP Negeri 2 Sumbergempol yaitu dengan menggunakan pembiasaan untuk bertanggung jawab melaksanakan piket, berlajar berkelompok dan sebagainya. Dengan diadakannya pembiasaan tersebut supaya peserta didik dapat bertanggung jawab atas setiap perbuatannya. (3) faktor pendukung adanya peran aktif dari Guru secara langsung, orang tua dan kesadaran siswa. sedangkan faktor penghambatnya yaitu pengaruh lingkungan dan keluarga yang kurang memperhatikan anaknya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163383 ASNAWATI
Date Deposited: 03 Nov 2020 03:44
Last Modified: 03 Nov 2020 03:44
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17148

Actions (login required)

View Item View Item