INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

KUNUZATUL ’AZIZAH, 17205163146 (2020) INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (477kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (575kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (665kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (579kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (299kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi. “Internalisasi Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Kegiatan Keagamaan di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Kunuzatul ‘Azizah, NIM. 17205163146, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Nurul Hidayah, M.Ag. Kata Kunci: Pendidikan Karakter Peserta Didik, Kegiatan Keagamaan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena tentang problematika dalam pendidikan yang berupa kemrosotan moral, etika, sopan santun, dan ahklaq, sehingga untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan penguatan pada pendidikan karakter di lembaga pendidikan. Mengingat pentingnya pendidikan karakter pada pendidikan dasar, MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung sebagai sebuah lembaga pendidikan yang bercirikan keislaman, kemudian menggunakan kegiatan keagamaan untuk sarana internalisasi pendidikan karakter peserta didik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah internalisasi pendidikan karakter peserta didik melalui kegiatan keagamaan Shalat Dhuha di MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimanakah internalisasi pendidikan karakter peserta didik melalui kegiatan keagamaan tahfidzul al-Qur’an di MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimanakah internalisasi pendidikan karakter peserta didik melalui kegiatan keagamaan rotib al haddad di MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan pengujian credibility, pengujian transferability, pengujian dependability, dan pengujian confirmability. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kegiatan keagamaan Sholat Dhuha di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung yang digunakan sebagai sarana pendidikan karakter yang diterapkan secara pembiasaan, sehingga kegiatan Sholat Dhuha dilaksanakan berulang-ulang secara rutin setiap hari. Pendidikan karakter yang tertanam pada diri peserta didik mandiri, disiplin, tertib, toleransi. (2) Kegiatan keagamaan tahfidzul al-Qur’an di MI nurul Islam Mirigambar sumbergempol Tulungagung digunakan untuk sarana penanaman pendidikan karakter yang diterapkan secara pembiasaan sehingga kegiatan tahfidzul al-Qur’an dilakukan secara berulang-ulang. Pendidikan karakter yang tertanam pada diri peserta didik berupa percaya diri, tanggungajawab, toleransi dan cinta al-Qur’an. (3) Kegiatan keagamaan ratib al haddad dilaksanakan secara pembiasaan sehingga kegiatan ratib al haddad dilaksanakan setiap hari sebelum pelajaran dimulai, dalam membentuk karakter kepada peserta didik terbentuklah karakter perilaku sosial, toleransi, moral, peduli sosial, disiplin dan tertib.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163146 KUNUZATUL ’AZIZAH
Date Deposited: 02 Nov 2020 01:48
Last Modified: 02 Nov 2020 01:48
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17123

Actions (login required)

View Item View Item