STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN AKHLAK (Studi Multikasus SMK Darissulaimaniyah Trenggalek dan MA Hasyim Asy’ari Tulungagung)

MOCHAMAD RUSNI SAMSUDIN, 12506174052 (2020) STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN AKHLAK (Studi Multikasus SMK Darissulaimaniyah Trenggalek dan MA Hasyim Asy’ari Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (626kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (781kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (153kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan Agama Islam melalui Pendidikan Akhlak (Studi Multikasus di SMK Darissulaimaniyah Trenggalek dan MA Hasyim Asy’ari Tulungagung)” ini ditulis oleh Mochamad Rusni Samsudin dengan Promotor Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. dan Prof. Dr. H. Mujamil, M.Ag. Kata kunci : Strategi, Pendidikan Agama Islam, dan Pendidikan Akhlak. Penelitian dalam Tesis ini dilatar belakangi oleh telah banyak peristiwa yang terjadi di indonesia dimana hal itu berkaitan dengan kemerosotan akhlak. Seperti tawuran karena kurangnya penanaman sikap toleransi, video dewasa yang merebak dikalangan anak sekolah, ataupun bentuk – bentuk kenakalan remaja yang dirasa sudah mengarah pada tindak kriminalitas. Ini semua mengakar pada penanaman pendidikan akhlak yang kurang mengena ataupun mungkin beberapa metode yang sudah mulai sulit digunakan pada peserta didik pada era milenial. Fokus Penelitian dalam penulisan disertasi/Tesis ini adalah: 1) Bagaimana strategi pengorganisasian pembelajaran Pendidikan Akhlak di SMK Darissulaimaniyah Trenggalek dan MA Hasyim Asy’ari Tulungagung? 2) Bagaimana strategi penyampaian pembelajaran Pendidikan Akhlak di SMK Darissulaimaniyah Trenggalek dan MA Hasyim Asy’ari Tulungagung? 3) Bagaiman strategi pengelolaan pembelajaran Pendidikan Akhlak di SMK Darissulaimaniyah Trenggalek dan MA Hasyim Asy’ari Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis yang digunakan deskriptif, dengan menggunakan rancangan studi multisitus. Tenik pengumpulan data yakni dengan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan kesimpulan akhir. Untuk menguji keabsahan data digunakan trianggulasi, pembahasan teman sejawat, perpanjangan penelitian, dan peningkatan ketekunan. Hasil dari penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: 1) Setelah dilakukan penelitian, peneliti menemukan strategi pengorgnasian pembelajaran akidah akhlak yang digunakan di kedua situs penelitian adalah: secara makro adalah teori elaborasi yang digunakan oleh reigeluth. Adapun penggunaan teori lainnya adalah teori strategi pengorganisasian mikro milik gagne. 2) Data yang ditemukan dari kedua situs penelitianlebih condong pada bentuk belajar mengajar. Hal ini juga berkaitan dengan pengembangan media berbasis manusia, yang salah satunya adalah pengembangan kualitas dari pengajar itu sendiri. Yaitu dengan menggunakan metode kisah, pembiasaan dan keteladanan. 3) Dalam penelitian tentang strategi pengelolaan pembelajaran akidah akhlak di kedua situs penelitian hasilnya lebih ditekankan pada pengelolaan motivasional. Didalam pengelolaan motivasional, kedua situs sama – sama menambahkan mapel aswaja guna meningkatkan kualitas akhlak peserta didik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506174052 MOCHAMAD RUSNI SAMSUDIN
Date Deposited: 02 Nov 2020 04:44
Last Modified: 02 Nov 2020 04:44
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17120

Actions (login required)

View Item View Item