PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DAN POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V MI NURUL JADID KOLOMAYAN WONODADI BLITAR

KHUSNUL KURNIAWATI, 17205163290 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DAN POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V MI NURUL JADID KOLOMAYAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (993kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (724kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (672kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Video dan Poster terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Khusnul Kurniawati, NIM. 17205163290, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Adi Wijayanto,S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Kata Kunci: Media Video, Media Poster, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang menunjukkan bahwa guru yang belum memhami pentingnya penggunaan media pembelajaran sehingga mutu pembelajaran masih tergolong rendah. Hal ini berdampak pada kurang tertariknya peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Maka guru diharapkan mampu mengembangkan keterampilan dalam menggunakan media pembelajaran yang menarik dan disesuaikan dengan materi pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh signifikan penggunaan media video terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar?, (2) Adakah pengaruh signifikan penggunaan media poster terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar?, (3) Adakah pengaruh signifikan penggunaan media video dan poster terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menjelaskan pengaruh signifikan penggunaan media video terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa Kelas V MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar. (2) Menjelaskan pengaruh signifikan penggunaan media poster terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa Kelas V MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar. (3) Menjelaskan pengaruh signifikan penggunaan media video dan poster terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa Kelas V MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian quasi eksperiment (eksperimen semu). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar, sedangkan sampelnya siswa kelas V-A dan V-B di MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh signifikan penggunaan media video terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t diperoleh nilai Sig (2-tailed) adalah 0,001. Nilai Sig. (2tailed) tersebut < 0,05maka Ho ditolak dan Ha diterima (2) Ada pengaruh signifikan penggunaan media poster terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar. Hal ini berdasarkan Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh Sig. (2-tailed) adalah 0,021. Nilai Sig. < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. (3) Ada pengaruh signifikan penggunaan media video dan poster terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan uji paired sample t-test diperoleh Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Nilai Sig. < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163290 KHUSNUL KURNIAWATI
Date Deposited: 02 Nov 2020 01:28
Last Modified: 02 Nov 2020 01:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17107

Actions (login required)

View Item View Item