PENGARUH PENERAPAN ALAT PERAGA MANIPULATIF TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

IMROATUS SHOLIKHAH, 17205163189 (2020) PENGARUH PENERAPAN ALAT PERAGA MANIPULATIF TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (953kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (468kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (307kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (748kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (678kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (226kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Imroatus Sholikhah. 17205163189. 2020. Pengaruh Alat Peraga Manipulatifterhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Pembimbing Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Kata kunci: Alat Peraga Manipulatif, Minat Belajar, dan Hasil Belajar Minat dan hasil belajar yang rendah disebabkan oleh guru yang masih menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran. Guru masih kurang dalam penggunaan media dan sumber belajar lain yang relevan, sehingga pemahaman tentang konsep masih lemah. Metode yang sering digunakan dalam pembelajaran adalah metode ceramah dan penugasan, serta pembelajaran masih berpusat pada guru. Hal ini menyebabkan siswa mudah lupa tentang materi yang telah diajarkan, sehingga menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit dan minat untuk belajar matematika juga rendah. Dengan demikian guru perlu menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Salah satunya adalah menggunakan alat peraga manipulatif. Alat peraga manipulatif ini mampu merangsang siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran serta menjadikan pembelajaran lebih bermakna. Tujaun penelitian ini adalah, 1) mengetahui pengaruh penerapan alat peraga manipulatif terhadap minat belajar matematika pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung, 2) mengetahui pengaruh penerapan alat peraga manipulatif terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung, 3) mengetahui pengaruh penerapan alat peraga manipulatif terhadap minat dan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain non-equivalen control group design, teknik sampling dengan total population. Sampel terdiri dari 15 subjek kelompok eksperimen dan 14 subjek kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan tes. Instrumen angket digunakan untuk mengukur minat belajar siswa. Penilaian hasil belajar menggunakan tes yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji t yang sebelumnya telah diuji prasyarat (normalitas dan homogenitas), kemudian dilanjutkan dengan uji MANOVA untuk mengetahui pengaruh penerapan alat peraga manipulatif terhadap minat dan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung materi Keliling dan Luas Bangun Datar. Hasil penelitian ini adalah, 1) ada pengaruh yang signifikan penerapan alat peraga manipulatif terhadap minat belajar matematika pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,032. Nilai Sig. (2-tailed) 0,032 < 0,05; 2) ada pengaruh yang signifikan penerapan alat peraga manipulatif terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung dengan Sig. (2-tailed) sebesar0,001. Nilai Sig. (2-tailed) < 0,05; dan 3) ada pengaruh yang signifikan penerapan alat peraga manipulatif terhadap minat dan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung dengan Sig. sebesar 0,006. Nilai Sig. 0,006 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163189 IMROATUS SHOLIKHAH
Date Deposited: 02 Nov 2020 01:36
Last Modified: 02 Nov 2020 01:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17106

Actions (login required)

View Item View Item