STRATEGI PENANAMAN KARAKTER SISWA DI MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

LINDASARI EKA AGUSTIN, 17205163096 (2020) STRATEGI PENANAMAN KARAKTER SISWA DI MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (864kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Penanaman Karakter Siswa di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung”, ini ditulis oleh Lindasari Eka Agustin, NIM 1725163096, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Fathul Mujib, M.Ag. Kata Kunci: Strategi , Karakter. Penelitian ini di latar belakangi Pendidikan karakter yang dikembangkan oleh MI Riyadlotul Uqul kepada siswanya sangat unik dan dapat menjadi pembelajaran. Karakter. Karakter dalam diri siswa memang sangat berbeda. Dalam Penamaman Karakter di MI Riyadlotul Uqul ini tampak berbeda karena dari dasar para siswa telah diajarkan bagaimana berperilaku jujur, mandiri dan juga keagamaan atau religius mereka sangat ditekankan. Pembiasaan yang membuat mereka menjadi terbiasa dalam melakukan karakter tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Juga karakter menjadikan siswa- siswi di MI Riyadlotul Uqul mempunyai lulusan yang berkarakter baik. Segala kegiatan yang dilakukan disekolah maupun yang dihubungkan dirumah tidak lepas dari strategi penamaman karakter yang diberikan sehingga siswa tidak enggan lagi melakukan tetapi akan terbiasa dengan sendirinya mempunyai karakter yang religius, mandiri dan juga jujur.Fokus dari penelitian ini, meliputi: (1) Bagaimana strategi penanaman karakter religius MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung (2) Bagaimana strategi penanaman karakter kemandirian MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung (3) Bagaimana strategi Penanaman karakter kejujuran MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan tentang Untuk mendeskripsikan strategi penanaman karakter religius, karakter kemandirian dan karakter kejujuran MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung.Penelitian ini dilaksanakan di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung. Jenis Penelitan ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data primer, dan sekunder. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mendapatkan data yang dapat dipertanggung jawabkan keabsahannya maka digunakan triangulasi artinya membandingkan observasi,dokumentasi dan juga wawancara yang berkaitan.Hasil penelitian di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Strategi penanaman karakter religius siswa di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung melalui pembelajaran yaitu dengan menerapkan berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, dan juga melalui praktek dalam pembelajaran tersebut. Kemudian melalui pembiasaan beribadah dimana dibiasakan melalui kebiasaan sholat dhuhur, terdapat absensi beribadah, dan juga istighosah. melalui kegiatan Rutin adalah melalui Kegiatan peringatan hari besar islam (PHBI), ziarah wali dan kunjungan ke pondok pesantren, dan juga melalui ektrakulikuler yaitu banjari atau sholawat dan program hafalan atau takhfid Al-qur’an (2) Strategi penanaman karakter kemandirian MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung melalui pembelajaran adalah membiasakan anak untuk mengerjakan tugas tanpa bantuan orang lain, membiasakan anak maju kedepan kelas mengutarakan pendapatnya. melalui keteladanan yaitu dengan berjabat tangan saat akan masuk ke sekolah, dan melalui pengondisian lingkungan adalah upacara hari senin, dan ektrakulikulernya yaitu melalui kegiatan pramuka. (3) Strategi penanaman karakter kejujuran siswa di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung melalui kegiatan pembelajaran adalah Tidak mencontek dan memberi contekan, pemberian sanksi yang diberikan kepada siswa yang tidak jujur melalui diberikan tugas menulis salah satu surat dalam Al-Qur’an sebanyak 1 buku penuh. kemudian melalui keteladanan program kantin kejujuran yang di adakan di MI Riyadlotul Uqul untuk membiasakan berperilaku jujur

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S.Pd 17205163096 lindasari eka agustin
Date Deposited: 27 Oct 2020 04:44
Last Modified: 27 Oct 2020 04:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17103

Actions (login required)

View Item View Item