PENGARUH METODE CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG

BADI’ATUS SHOLIKAH, 17205163102 (2020) PENGARUH METODE CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (925kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (765kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (563kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (778kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (276kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Metode Card Sort terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Mufradat di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung” ditulis oleh Badi’atus Sholikah, 17205163102, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, pembimbing Dr. Muhamad Zaini, M.A Kata Kunci : Metode Card Sort, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Metode card sort adalah suatu metode pembelajaran kooperatif yang digunakan pendidik dengan menggunakan kartu indeks yang berisi informasi materi. Motivasi berperan penting dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Hal tersebut dapat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Latar belakang masalah penelitian ini adalah pembelajaran yang masih berorientasi pada guru, sedangkan peserta didik hanya sebagai objek ajar. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan metode konvensional (ceramah) dan membuat peserta didik menjadi bosan dan kurang bersemangat saat pembelajaran. Peneliti ingin menghubungkan masalah metode card sort terhadap pembelajaran mufradat untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh metode card sort terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran mufradat di MI Tarbiayatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung? (2) Adakah pengaruh metode card sort terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran mufradat di MI Tarbiayatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung? (3) Adakah pengaruh metode card sort terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran mufradat di MI Tarbiayatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung? Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasy Experimental Design). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung yang berjumlah 34 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung yang berjumlah 34 peserta didik dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling jenis sampling jenuh. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil analisis data uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode card sort terhadap motivasi belajar siswa di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,006<0,05. (2) Hasil analisis data uji t menunjukkan bahwa terdapatpengaruh metode card sort terhadap hasil belajar siswa di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,001<0,05. (3) Hasil analisis data uji Manova menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode card sort terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,002<0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163102 BADI’ATUS SHOLIKAH
Date Deposited: 04 Nov 2020 01:48
Last Modified: 04 Nov 2020 01:48
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17099

Actions (login required)

View Item View Item