PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII BAB SHOLAT JUM’AT DI MTsN 3 NGANJUK

NAILA A’YANA IZZA ALFIYANA, 17201163445 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII BAB SHOLAT JUM’AT DI MTsN 3 NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (791kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (328kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (659kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (859kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII Bab Sholat Jum‟at di MTsN 3 Nganjuk yang ditulis oleh Naila A‟yana Izza Alfiyana, NIM. 17201163445, Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung Tahun 2020, dibimbing oleh Anissatul Mufarokah, S.Ag. M.Pd Kata kunci: Pengembangan media pembelajaran, komik berbasis articulate storyline. Sekolah adalah salah satu lingkup pendidikan yang didalamnya terdapat suatu pembelajaran. Proses pembelajaran pada dasarnya merupakan interaksi antara guru dan peserta didik yang dirancang untuk membantu tercapainya pembelajaran yang menarik dan efektif. Dalam berlangsungnya pembelajaran ada salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran yaitu media pembelajaran. Media pembelajarn adalah pengantar pesan dari pengirim pesan(pendidik) ke penerima pesan (peserta didik). Agar terlaksananya pembelajarn yang menarik dan efektif MTsN 3 Nganjuk memberikan fasilitas fasilitas pendukung pembelajaran. Dalam melihat hal tersebut maka peneliti melakukan pengembanagan media pembelajaran komik berbasisi articulate storyline di MTsN 3 Nganjuk. Rumusan masalaah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran komik berbasis articulate storyline pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTsN 3 Nganjuk ? (2) Bagaimana kemenarikan media pembelajaran komik berbasis articulate storyline pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTsN 3 Nganjuk ? (3) Bagaimana efektivitas media pembelajaran komik berbasis articulate storyline pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTsN 3 Nganjuk ?. Dengan tujuan (1) mengembangkan produk berupa media pembelajaran komik berbasis articulate storyline pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTsN 3 Nganjuk. (2) Untuk mendiskripsikan kemenarikan media pembelajaran komik berbasis articulate storyline pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTsN 3 Nganjuk. (3) Untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran komik berbasis articulate storyline pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTsN 3 Nganjuk. Metode penelitian dalam skripsi menggunakan RnD (Research and Developmnet) atau penelitian dan pengembangan dengan langkah 4-D (define, design, develop dan disseminate. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Analisis data menggunakan tipe exploratory sequential mixed methods. Hasil penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut: 1). Pengembangan media pembelajaran komik berbasis articulate storyline pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTsN 3 Nganjuk dengan langkah 4-D yang didalamnya terdapat dua kali tahap pengujian dan tahap revisi menjadikan media ini merupakan media yang layak digunakan dan disebarkan pada lingkup yang lebih luas. 2) Pengemangan media pembelajaran komik berbasis articulate storyline pada matapelajaran fikih kelas VII di MTsN 3 Nganjuk dapat meningkatkan kemenarika peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan bukti kriteria sangat layak yang diberikan 28 peserta didik terhadap media ini dan 8 peserta didik yang memberikan kriteria layak pada media ini. 3) Pengemangan media pembelajaran komik berbasis articulate storyline pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTsN 3 Nganjuk efektif digunakan yang ditunjukkan oleh data ketuntasan tes yang telah dilakukan oleh peserta didik, selain itu data menunjukkan perolehan nilai Sig (2- tailed) 0,000 yang berarti dibawah 0,05 sebagai nilai alfa combart yang artinya adanya perbedaan hasil yang diperoleh dari tes pretest dan posttest.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163445 NAILA A’YANA IZZA ALFIYANA
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:27
Last Modified: 27 Oct 2020 02:27
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17098

Actions (login required)

View Item View Item