PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BAGAN DAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS V DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ELYSA DWIANA PUTRI, 17205163255 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BAGAN DAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS V DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Bagan dan Video terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada Siswa Kelas V di MI Roudlotul Ulum Jabalasari Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Elysa Dwiana Putri, NIM. 17205163255, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Adi Wijayanto, S.Or, S.Kom, M.Pd, AIFO Kata Kunci: Media Bagan, Video, Hasil Belajar Salah satu permasalahan yang mempengaruhi hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa menjadi masalah yang harus ditemukan solusinya. Hal ini disebabkan kurangnya variasi dalam menggunakan media pembelajaran pada saat proses pembelajaran yang diterapkan didalam kelas, sehingga siswa menjadi kurang aktif pada saat pembelajaran. Media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah media pembelajaran bagan dan media pembelajaran video. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) adakah pengaruh signifikan penggunaan media bagan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pada siswa kelas V di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung, 2) adakah pengaruh signifikan penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa mata pelajara IPA pada siswa kelas V di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung, 3) adakah pengaruh signifikan anatara media bagan dan media video terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pada siswa kelas V di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya Quasi Experimen (eksperimen semu), dengan populasi kelas V siswa MI Roudlotul Ulum Jabalsari, sampelnya diambil dari siswa kelas V-A sebanyak 20 anak dan V-B sebnayak 20 anak, yang selanjutnya dibagi menjadi dua kelompok dengan menggunakan cluster random sampling dimana kelas VA menggunakan media pembelajaran bagan sedangkan kelas V B menggunakan media pembelajaran video. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu bagan dan video, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes hasil belajar (pretest dan posstets). Data dari hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis uji independent sample t-test dan uji paired sample t-test. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh yang signifikan antara peggunaan media pembelajaran bagan terhadap hasil belajar siswa yaitu dilihat dari hasil uji independent sample t-test Sig. (2-tailed) adalah 0,00 < 0,05 dan Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar hasil belajar siswa yaitu dilihat dari hasil uji independent sample t-test Sig. (2-tailed) adalah 0,00 < 0,05, demikian ada pengaruh yang signifikan anatara penggunaan media pembelajaran bagan dan video terhadap hasil belajar siswa dilihat dari hasil uji paired sample t-test Sig. (2-tailed) adalah 0,00 < 0,05. Dengan demikian media pembelajaran bagan dan video dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran yang efektif untuk mencapai hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163255 ELYSA DWIANA PUTRI
Date Deposited: 26 Oct 2020 03:30
Last Modified: 26 Oct 2020 03:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17084

Actions (login required)

View Item View Item