ANALISIS BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL NILAI MUTLAK KELAS X MA ATTHOHIRIYAH DITINJAU BERDASARKAN GAYA KOGNITIF REFLEKTIF-IMPULSIF

SHELY YUSRINA FIKRI, 17204163213 (2020) ANALISIS BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL NILAI MUTLAK KELAS X MA ATTHOHIRIYAH DITINJAU BERDASARKAN GAYA KOGNITIF REFLEKTIF-IMPULSIF. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (633kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Nilai Mutlak Kelas X MA At-Thohiriyah Ditinjau Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif” ini ditulis oleh Shely Yusrina Fikri NIM.17204163213, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Tarbiyah, IAIN Tulungagung, pembimbing : Miswanto,M.Pd. Kata Kunci : Analisis berpikir kreatif, soal nilai mutlak, gaya kognitif reflektif impulsif. Penelitian ini ditalarbelakangi oleh kurangnya kualitas pembelajaran efektif yang menuntut siswa untuk mengikuti perkembangan kurikulum terbaru dan lebih maju. Pada kenyataannya pembelajaran di kelas sudah menggunakan acuan kurikulum terbaru sesuai dengan perubahan zaman. Dalam soal nilai mutlak, siswa dituntut untuk dapat menjawab soal dengan benar sesuai konsep penyelesaian materi nilai mutlak. Sedangkan setiap siswa memiliki gaya kognitif yang berbeda-beda. Ada siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif maupun gaya kognitif impulsif. Oleh karena itu, peneliti bergerak untuk melakukan penelitian berkaitan dengan analisis berpikir kreatif siswa dalam menyelesikan soal nilai mutlak kelas X MA At-Thohiriyah ditinjau berdasarkan gaya kognitif reflektif-impulsif dengan harapan dapat mengetahui berpikir kreatif melalui analisa hasil jawaban soal nilai mutlak. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal nilai mutlak kelas X MA At Thohiriyah ditinjau berdasarkan gaya kognitif reflektif. (2) untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal nilai mutlak kelaas X MA At-Thohiriyah ditinjau berdasarkan gaya kognitif impulsif. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun tekhnik yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara untuk menggalidata. Observasi dilaksanakan untuk mengetahui kondisi pembelajaran, terutama dikelas yang akan menjadi tempat penelitian sebagai cara menentukan subyek penelitian. Tes dan wawancara dilakukan untuk mengetahui lebih dalam proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal nilai mutlak yang diberikan. Hasil temuan berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif pada aspek kefasihan (fluency), fleksibilitas (flexibility), dan kebaruan (novelity) dapat dicapai dengan baik. Serta empat siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif mengerjakan soal dengan penuh hati-hati dan cenderung menghasilkan jawaban benar. Sedangkan pada siswa yang memiliki gaya kognitif impulsif belum memenuhi ketiga aspek tersebut. Serta tiga siswa yang memiliki gaya kognitif impulsif mengerjakan soal dengan terburu buru dan cenderung menghasilkan jawaban kurang sempurna atau kurang tepat bahkan cenderung kurang benar..

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163213 SHELY YUSRINA FIKRI
Date Deposited: 26 Oct 2020 03:37
Last Modified: 26 Oct 2020 03:37
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17082

Actions (login required)

View Item View Item