PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU ENGLISH FOR BEGINNER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MI MASARAN 1 TRENGGALEK

JIHAN ALHANIN CHOIR, 12505184018 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU ENGLISH FOR BEGINNER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MI MASARAN 1 TRENGGALEK. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (929kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (161kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Media Buku Saku English For Beginner Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI Masaran 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Jihan Alhanin Choir dengan Promotor Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. dan Dr. Mohamad Jazeri, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Media Buku Saku, English for Beginner. Kebutuhan dan perkembangan zaman menuntut manusia untuk terus berpikir maju dalam menghadapi era 4.0, khususnya dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sebagai bahasa global. Mengingat pentingnya pembelajaran Bahasa Inggris sejak dini, pemerintah kemudian menetapkan Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran muatan lokal. Pengembangan media buku saku English for Beginner ini di dasarkan pada temuan masalah di lapangan yaitu belum tersedianya media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pendidik dan peserta didik. Media buku saku merupakan sebuah alternatif pengemasan informasi dengan memperhatikan unsur efesiensi pengguna. Memanfaatkan karakteristik buku saku dengan ukuran yang kecil dan praktis, media ini dapat dimanfaatkan di dalam kelas maupun di luar kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana desain pengembangan media buku saku English for Beginner?; (2) Apakah media buku saku English for Beginner efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa?; (3)Bagaimana pengaruh penggunaan media buku saku English for Beginner dalam meningkatkan hasil belajar siswa? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) adaptasi dari model Borg & Gall yang disederhanakan menjadi tujuh tahapan yaitu potensi dan masalah; mengumpulan data dan informasi; desain produk; validasi desain; revisi desain; uji coba lapangan; dan revisi produk. Pengembangan media ini dilakukan dengan tujuan: (1) Untuk menghasilkan suatu produk “Buku Saku English for Beginner” untuk kelas V MI yang layak menurut ahli media, ahli materi, dan layak menurut pengguna; (2) Untuk memaparkan efektivitas media buku saku English for Beginner dalam meningkatkan hasil belajar siswa; (3) Untuk memaparkan pengaruh buku saku English for Beginner dalam dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian dan pengembangan diperoleh: (1) Produk yang dihasilkan berupa buku saku English for Beginner, dilengkapi dengan vocabulary, reading text, dialogue, latihan soal, serta ilustrasi gambar pada setiap materi yang disajikan. Produk dikembangkan sesuai dengan kompetensi dasar kelas V sekolah dasar, (2) Hasil uji validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 89,44%; hasil uji validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 95,41%; hasil analisis data uji lapangan oleh guru pengampu memperoleh skor rata-rata 80,55%; hasil uji coba lapangan terhadap peserta didik memperoleh skor rata-rata 92,5%. Hasil analisis data uji coba tersebut kemudian dapat disimpulkan bahwa media buku saku English for Beginner layak untuk diimplementasikan dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (3) Hasil penghitungan Independent sample t-test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,005 dan sig level sebesar 0,05 yang menunjukkan nilai sig.(2-tailed) < sig level ¬(0,000 < 0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media buku saku English for Beginner, sehingga dapat disimpulkan bahwa media buku saku English for Beginner layak diimplementasikan sebagai media pembelajaran dan berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Masaran 1 Trenggalek.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505184018 JIHAN ALHANIN CHOIR
Date Deposited: 26 Oct 2020 08:34
Last Modified: 26 Oct 2020 08:34
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17074

Actions (login required)

View Item View Item