PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET (NYATA) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MIN 3 TULUNGAGUNG

VEBBY MASITA DEWI, 17205163257 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET (NYATA) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (358kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret (Nyata) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di MIN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Vebby Masita Dewi, NIM. 17205163257, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Media, Benda Konkret, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya penggunaan media benda konkret dalam kegiatan belajar mengajar. Media benda konkret (nyata) itu sendiri dapat diperoleh dari sekitar kita yang sesuai dengan materi pokok yang akan dipelajari. Media benda konkret (nyata) tersebut mempunyai peranan cukup penting terutama untuk siswa kelas rendah agar mendapatkan banyak informasi dengan adanya interaksi dengan obyek nyata dan menarik, sehingga pemahaman anak terhadap materi baru lebih mudah terbentuk. Dengan penggunaan media benda konkret (nyata) tersebut dipercaya dapat membantu meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika agar hasil belajar yang didapat siswa juga lebih baik lagi. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui sejauh mana pengaruh media benda konkret (nyata) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MIN 3 Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh penggunaan media benda konkret (nyata) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MIN 3 Tulungagung ? 2) Adakah pengaruh menggunakan media benda konkret (nyata) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MIN 3 Tulungagung ? 3) Adakah pengaruh penggunaan media benda konkret (nyata) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MIN 3 Tulungagung ?. Adapun yang menjadi tujuan dalam skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media benda konkret (nyata) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MIN 3 Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaaan media benda konkret (nyata) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MIN 3 Tulungagung. 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media benda konkret (nyata) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MIN 3 Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Instrumen pengumpulan data berupa angket, tes, dan dokumentasi. Populasinya adalah seluruh peserta didik di MIN 3 Tulungagung. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sampel yang dipilih sebagai subjek penelitian adalah peserta didik kelas III-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 peserta didik dan kelas III-C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas), (2) uji hipotesis (uji t-test dan uji manova).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Berdasrkan uji t-test untuk angket motivasi belajar Matematika diperoleh nilai (2,884) > (2,000) dan nilai Sig.(2-tailed) 0,006 < 0,05 sehingga ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh penggunaan media benda konkret (nyata) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di MIN 3 Tulungagung. 2) Berdasarkan uji t-test untuk post test hasil belajar Matematika diperoleh (2,471) > (2,000) dan nilai Sig.(2-tailed) 0,017 < 0,05 sehingga ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh penggunaan media benda konkret (nyata) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di MIN 3 Tulungagung. 3) Berdasarkan uji MANOVA untuk motivasi dan hasil belajar Matematika diperoleh nilai ke-empat p-value (Sig.) 0,004 < 0,05 sehingga ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh penggunaan media benda konkret (nyata) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di MIN 3 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163257 VEBBY MASITA DEWI
Date Deposited: 26 Oct 2020 01:55
Last Modified: 26 Oct 2020 01:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17065

Actions (login required)

View Item View Item