PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI HASYIM ASY’ARI KEBONDUREN PONGGOK BLITAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ERNI FARIDATUS SHOLEKHAH, 17205163074 (2020) PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI HASYIM ASY’ARI KEBONDUREN PONGGOK BLITAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (158kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Peserta Didik terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Tematik di MI Hasyim Asy’ari Kebonduren Ponggok Blitar Tahun Pembelajaran 2019/2020” yang ditulis oleh Erni Faridatus Sholekhah, NIM. 17205163074, pembimbing Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata kunci: Minat Belajar, Motivasi Belajar, Pembelajaran Tematik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran minat dan motivasi belajar sebagai dua faktor dari beberapa faktor yang dapat mempengaruhi belajar khususnya dalam pembelajaran tematik. Seseorang yang memiliki minat terhadap kegiatan tertentu cenderung memberikan perhatian yang besar terhadap kegiatan tersebut. Seorang peserta didik yang mempunyai motif dari diri sendiri maupun dari luar individu dapat menentukan besarnya motivasi belajar dalam kegiatan belajar dan pembelajaran. Jadi apabila peserta didik memiliki minat dan motivasi dalam suatu mata pelajaran maka dia akan memberikan perhatian penuh serta terdorong unuk belajar pembelajaran tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana minat dan motivasi belajar peserta didik di MI Hasyim Asy’ari Kebonduren Ponggok Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020? (2) Adakah pengaruh minat belajar peserta didik terhadap hasil pembelajaran Tematik di MI Hasyim Asy’ari Kebonduren Ponggok Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020? (3) Adakah pengaruh motivasi belajar peserta didik terhadap hasil pembelajaran Tematik di MI Hasyim Asy’ari Kebonduren Ponggok Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020? (4) Adakah pengaruh minat dan motivasi belajar peserta didik secara bersama – sama terhadap hasil pembelajaran Tematik di MI Hasyim Asy’ari Kebonduren Ponggok Blitar Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana minat dan motivasi belajar peserta didik di MI Hasyim Asy’ari Kebonduren Ponggok Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020 (2) Untuk mengetahui adakah pengaruh minat belajar peserta didik terhadap hasil pembelajaran Tematik di MI Hasyim Asy’ari Kebonduren Ponggok Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020 (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi belajar peserta didik terhadap hasil pembelajaran Tematik di MI Hasyim Asy’ari Kebonduren Ponggok Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020 (4) Untuk mengetahui adakah pengaruh minat dan motivasi belajar peserta didik secara bersama – sama terhadap hasil pembelajaran Tematik di MI Hasyim Asy’ari Kebonduren Ponggok Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020 Skripsi ini bermanfaat bagi lembaga MI Hasyim Asy’ari Kebonduren, sebagai pertimbangan untuk mengambil kebijaksanaan dan pengarahan pada peningkatan mutu pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dan sebagai bahan literatur pustaka di sekolah. Dalam penelitian ini digunakan metode angket, dokumentasi, dan wawancara. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang minat dan motivasi belajar peserta didik MI Hasyim Asy’ari Kebonduren yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sampel daripenelitian ini adalah 25 peserta didik kelas IV dan V yang diambil dari keseluruhan populasi 134 siswa MI Hasyim Asy’ari Kebonduren. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Ada pengaruh minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar pembelajaran Tematik di MI Hasyim Asy’ari Kebonduren Ponggok Blitar. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung (9,878) > ttabel (2,073) dan taraf signifikansi α sebesar 0,000 < 0,05 (2) Hasil analisis kedua diperoleh ada pengaruh motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar pembelajaran Tematik di MI Hasyim Asy’ari Kebonduren Ponggok Blitar. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung (8,340) > ttabel (2,073) dan taraf signifikansi α sebesar 0,000 < 0,05 (3) Hasil analisis ketiga diperoleh ada pengaruh minat dan motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar pembelajaran Tematik di MI Hasyim Asy’ari Kebonduren Ponggok Blitar. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Fhitung (50,769) > Ftabel (3,440) dan taraf signifikansi α sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163074 ERNI FARIDATUS SHOLEKHAH
Date Deposited: 26 Oct 2020 01:48
Last Modified: 26 Oct 2020 01:48
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17062

Actions (login required)

View Item View Item