STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN ETIKA ISLAMI PESERTA DIDIK DI MTS AL-AZHAR PONGGOK BLITAR TAHUN AJARAN 2019/2020

DESI RATNA WULAN, 17201163438 (2020) STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN ETIKA ISLAMI PESERTA DIDIK DI MTS AL-AZHAR PONGGOK BLITAR TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (981kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (155kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Aqidah Akhlak dalam Meningkatkan Etika Islami Peserta Didik di MTs Al-Azhar Ponggok Blitar Tahun Ajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Desi Ratna Wulan, NIM 17201163438, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Tulungagung yang dibimbing oleh : Dr. Sokip, M.Pd.I. Kata kunci : Strategi, Guru, Etika Latar belakang masalah : adanya banyak fenomena kenakalan peserta didik dikalangan pelajar MTs Al-Azhar yang semakin mengkhawatirkan, sehingga peran guru dalam meningkatkan etika Islami peserta didik diperlukan guna membentengi peserta didik agar tidak terjerumus dalam kenakalan remaja. Rumusan masalah : (1) Bagaimana prosedur, metode, dan teknik belajar mengajar yang digunakan guru aqidah akhlak dalam meningkatkan etika Islami peserta didik di MTs Al-Azhar Ponggok Blitar ? (2) Bagaimana hambatan strategi guru aqidah akhlak dalam meningkatkan etika Islami peserta didik di MTs Al-Azhar Ponggok Blitar ? (3) Bagaimana dampak strategi guru aqidah akhlak dalam meningkatkan etika Islami peserta didik di MTs Al-Azhar Ponggok Blitar? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui prosedur, metode, dan teknik belajar mengajar yang digunakan guru aqidah akhlak dalam meningkatkan etika Islami peserta didik di MTs Al-Azhar Ponggok Blitar, (2) Untuk mengetahui hambatan strategi guru aqidah akhlak dalam meningkatkan etika Islami peserta didik di MTs Al-Azhar Ponggok Blitar, (3) Untuk mengetahui dampak strategi guru aqidah akhlak dalam meningkatkan etika Islami peserta didik di MTs Al-Azhar Ponggok Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan penelitian, ketekunan pengamat, triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi teknik), pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian : 1) Prosedur guru aqidah akhlak dalam meningkatkan etika Islami terdiri dari pembelajaran dalam kelas meliputi berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran. Metode guru aqidah akhlak dalam meningkatkan etika Islami terdiri dari metode ceramah, metode diskusi, dan metode tanya jawab. Teknik guru aqidah akhlak dalam meningkatkan etika Islami terdiri dari pemberian nasihat, keteladanan, pemberian hadiah dan hukuman. Melalui kegiatan luar kelas meliputi berjabat tangan, larangan makan dengan berdiri, shalat berjamaah. 2) hambatan strategi guru aqidah akhlak dalam meningkatkan etika Islami peserta didik diantaranya faktor dari dalam diri peserta didik sendiri, faktor keluarga dan juga faktor lingkungan. 3) dampak strategi guru aqidah akhlak dalam meningkatkan etika Islami diantaranya peserta didik mulai bersikap dan berperilaku sesuai dengan etika, moral dan adab yang baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 17201163438 DESI RATNA WULAN
Date Deposited: 23 Oct 2020 06:41
Last Modified: 23 Oct 2020 06:41
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17060

Actions (login required)

View Item View Item