STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTERISTIK AKHLAKUL KARIMAH BERBASIS PEMBIASAAN SHALAT DHUHA PESERTA DIDIK KELAS X DI MAN 4 JOMBANG

FIFI KHOLIFAH, 17201163101 (2020) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTERISTIK AKHLAKUL KARIMAH BERBASIS PEMBIASAAN SHALAT DHUHA PESERTA DIDIK KELAS X DI MAN 4 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (693kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakteristik Akhlakul Karimah Berbasis Pembiasaan Shalat Dhuha Peserta Didik Kelas X di MAN 4 Jombang” ini ditulis oleh Fifi Kholifah, NIM 17201163101, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dosen pembimbing Imam Junaris, M.Ag. Kata Kunci : Strategi Guru, Katakteristik Aklakul Karimah, Pembiasaan Shalat Dhuha Penelitian ini dilatar belakangi oleh strategi guru akidah akhlak yang tidak hanya menanamkan ilmu pegetahuan saja melainkan juga membentuk karakter akhlakul karimah pada peserta didik terutama dalam ketaatan, kedisiplinan dan kejujuran. Pembentukan karakter tersebut dilakukan dengan adanya pembiasaan shalat dhuha yang dilakukan oleh seluruh peserta didik yang diharapkan akan menjadi pegangan iman yang kokoh yang tertanam pada diri peserta didik dalam menghadapi kehidupan bermasyarakat. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Ketaatan Berbasis Pembiasaan Shalat Dhuha Peserta Didik Kelas X di MAN 4 Jombang. (2) Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Kedisiplinan Berbasis Pembiasaan Shalat Dhuha Peserta Didik Kelas X di MAN 4 Jombang. (3) Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Kejujuran Berbasis Pembiasaan Shalat Dhuha Peserta Didik Kelas X di MAN 4 Jombang. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk Mendeskripsikan Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Ketaatan Berbasis Pembiasaan Shalat Dhuha Peserta Didik Kelas X di MAN 4 Jombang. (2) Untuk Mendeskripsikan Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Kedisiplinan Berbasis Pembiasaan Shalat Dhuha Peserta Didik Kelas X di MAN 4 Jombang. (3) Untuk Mendeskripsikan Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Kejujuran Berbasis Pembiasaan Shalat Dhuha Peserta Didik Kelas X di MAN 4 Jombang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi lapangan, wawancara mendalam, dan dilengkapi dengan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa : (1) Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Ketaatan Berbasis Pembiasaan Shalat Dhuha dilakukan dengan pemberian pemahaman, pemberian motivasi, dan teladan. (2) Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Kedisiplinan Berbasis Pembiasaan Shalat Dhuha dilakukan dengan pemberian pemahaman, presensi, dan pengawasan. (3) Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Kejujuran Berbasis Pembiasaan Shalat Dhuha dilakukan dengan pemberian pemahaman, presensi, dan pemberian hukuman.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163101 FIFI KHOLIFAH
Date Deposited: 21 Oct 2020 02:02
Last Modified: 21 Oct 2020 02:02
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17014

Actions (login required)

View Item View Item