PERAN DINAS PERIKANAN DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELOMPOK BUDIDAYA IKAN GURAMI (Studi Kasus Kelompok Budidaya Ikan Gadung Melati Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung)

MULIKA HIDAYAH, 17402163513 (2020) PERAN DINAS PERIKANAN DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELOMPOK BUDIDAYA IKAN GURAMI (Studi Kasus Kelompok Budidaya Ikan Gadung Melati Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (898kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Dinas Perikanan Dalam Meningkatkan Perekonomian Kelompok Budidaya Ikan Gurami (Studi Kasus Kelompok Budidaya Ikan Gadung Melati Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung) ditulis oleh Mulika Hidayah, NIM 17402163513, Pembimbing Nur Aziz Muslim, M.H.I Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung mempunyai peran dan tanggungjawab terhadap kelompok budidaya ikan gurami yang menggantungkan hidupnya dengan berbudidaya ikan. Tujuan melakukan kegiatan ini yang dapat memberikan pendapatan yang lebih meningkat. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1)Bagaimana peran Dinas Perikanan dalam meningkatkan perekonomian kelompok budidaya ikan gurami (2)Bagaimana hasil Dinas Perikanan dalam meningkatkan perekonomian kelompok budidaya ikan gurami (3)Apa kendala dan solusi Dinas Perikanan dalam meningkatkan pendapatan perekonomian kelompok budidaya ikan gurami. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif, lokasi penelitian di Dinas Perikanan di Desa Beji Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung, Kelompok Budidaya Ikan Gadung Melati di Desa Sambidomplang Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung, sumber data penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, menyusun kedalam pola, memilih mana yang penting dan yang akan dipelajari, dan membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami oleh diri sendiri maupun orang lain. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Adapun hasil penelitian skripsi ini yaitu (1 )Dengan adanya peran Dinas Perikanan, Budidaya Ikan Gurami yang dulunya masih mandiri sekarang sudah memiliki kelonpok budidaya ikan dan sudah legal (2)Hasil peran Dinas Perikanan dengan diadakannya penyuluh ditiap kecamatan kelompok budidaya ikan menjadi lebih terkontrol dan adanya studybanding ilmu dan wawasannya lebih banyak (3)kendala dan solusi Dinas Perikanan untuk meningkatkan perekonomian kelompok budidaya ikan gurami factor cuaca yang menyebabkan adanya penyakit pada ikan gurami. Dan Dinas Perikanan juga berperan dalam menghadapi hal tersebut dengan adanya Sosialisasi, studybanding, penyuluh untuk pengecekan secara rutin serta memantau secara langsung ke Kelompok Budidaya Ikan, adanya Kartu SUKAKU dengan adanya kartu tersebut kelompok budidaya ikan menjadi lebih mudah dalam meminjam permodalan di suatu bank dan adanya bantuan Thermometer air digital, vitamin C Kata Kunci: Dinas Perikanan, Perekonomian, Budidaya Ikan Gurami.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163513 MULIKA HIDAYAH
Date Deposited: 20 Oct 2020 08:02
Last Modified: 20 Oct 2020 08:02
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17008

Actions (login required)

View Item View Item