PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS III MI AL HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG

KUSNUL KHOTIMAH, 17205163271 (2020) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS III MI AL HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (380kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (265kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas III MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Kusnul Khotimah, NIM. 17205163271, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Elfi Mu‟awanah,S.Ag.‟M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Motivasi Belajar, Aqidah Akhlak Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuat fenomena bahwa tidak semua siswa memiliki motivasi yang sama dalam pembelajaran aqidah akhlak. Peran gurulah yang sangat dibutuhkan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, dengan adanya motivasi pada diri siswa maka akan timbul kegiatan belajar. Siswa dengan motivasi yang besar akan dapat melaksanakan semua kegiatan pembelajaran dengan sungguh-sungguh. Selaras dengan kasus yang terjadi di MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung masih terdapat siswa yang kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran aqidah akhlak. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian terkait peran yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas III MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik siswa kelas III pada mata pelajaran akidah akhlak? 2) Bagaimana peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik siswa kelas III pada mata pelajaran akidah akhlak?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik dan motivasi intrinsik siswa kelas III di MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Jenis penelitian yang digunakan bersifat deskritif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara tak terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjang keikutsertaan, ketekunan/ keajekan pengamat, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Memberi angka kepada peserta didik ketika pembelajaran berlangsung, 2) Memberi pujian kepada peserta didik, 3) Guru menciptakan persaingan didalam kelas, 4) Memberi ulangan, 5) Memberitau hasil siswa, 6) Memberi hukuman. Sedangkan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik siswa adalah 1) Membangkitkan minat siswa, 2) Memberikan suasana yang menyenagkan ketika pembelajaran, 3) Memberi komentar, 4) Memancing keingintahuan siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163271 KUSNUL KHOTIMAH
Date Deposited: 21 Oct 2020 01:56
Last Modified: 21 Oct 2020 01:56
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17007

Actions (login required)

View Item View Item