VARIASI KETERAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ILMA KARISMATUL KHUSNA, 17205163101 (2020) VARIASI KETERAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (400kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi. “Variasi Keterampilan Guru dalam Mengajar pada Pembelajaran Tematik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Ilma Karismatul Khusna, NIM. 17205163101 , Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Nurul Hidayah, M.Ag. Kata Kunci: Keterampilan Guru, Variasi Mengajar, Pembelajaran Tematik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa beberapa guru belum sepenuhnya menerapkan keterampilan variasi mengajar khususnya dalam gaya mengajar, kendala yang menghambat guru dalam menerapkan variasi gaya mengajar sehingga sebagian guru tidak sepenuhnya menerapkan keterampilan variasi dalam gaya mengajar. Maka dari itu, diperlukan kegiatan variasi mengajar untuk dapat mengetahui implementasi, hambatan, dan upaya mengatasi hambatan variasi gaya mengajar guru pada pembelajaran tematik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi variasi keterampilan guru dalam gaya mengajar pada pembelajaran tematik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020? (2) Bagaimana hambatan variasi keterampilan guru dalam gaya mengajar pada pembelajaran tematik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020? (3) Bagaimana upaya mengatasi hambatan variasi keterampilan guru dalam gaya mengajar pada pembelajaran tematik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020?. Tujuan dalam penulisan skripsi ini untuk mendeskripsikan implementasi, hambatan, dan upaya mengatasi hambatan variasi keterampilan guru dalam gaya mengajar pada pembelajaran tematik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan pengujian credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Variasi gaya mengajar yang diterapkan yaitu variasi suara, kesenyapan, pemusatan perhatian, variasi gerak badan atau mimik, mengadakan kontak pandang, dan pergantian posisi guru di kelas. (2) Hambatan variasi gaya mengajar yaitu kurangnya penguasaan guru terhadap materi dan bahan ajar, sarana prasarana yang kurang mendukung, siswa kurang bisa menerima variasi gaya mengajar yang diterapkan guru. (3) Upaya mengatasi hambatan variasi gaya mengajar yaitu guru melakukan upaya perbaikan dalam penguasaan materi, mempersiapkan sarana prasarana, mencari referensi dari berbagai sumber mengenai penerapan variasi gaya mengajar, ikut serta diklat dan pelatihan, dan melakukan evaluasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 172051631 01 ILMA KARISMATUL KHUSNA
Date Deposited: 20 Oct 2020 07:26
Last Modified: 20 Oct 2020 07:26
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17006

Actions (login required)

View Item View Item