KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN (Studi Kasus Di Kecamatan Wlingi Kab.Blitar)

ERICK NIKI LAUDA, 17104163088 (2020) KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN (Studi Kasus Di Kecamatan Wlingi Kab.Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (745kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (260kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (731kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ERICK NIKI LAUDA, 17104163088, KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN (Studi Kasus di Kecamatan Wlingi Kab. Blitar), Jurusan Hukum Tata Negara, IAIN Tulungagung, 2020, Pembimbing: Dr. Zulfatun Ni‟mah, M.Hum. Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan Publik, Kecamatan. Penelitian ini di latar belakangi oleh diberlakukannya asas dan prinsip penyelenggaraan pelayanan publik sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban penyelenggara pelayanan kepada masyarakat agar terselenggara pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau dan terukur. Kecamatan Wlingi Kab. Blitar sebagai penyedia layanan publik mempunyai tugas pokok membantu Bupati dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dalam wilayah kecamatan serta meningkatkan efektivitas pelayanan publik dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan yang baik (Good Governance) serta meningkatkan kualitas pelayanan dalam bentuk jasa atau perijinan melalui transparasi dan standarisasi pelayanan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kualitas pelayanan publik di Kecamatan Wlingi Kab. Blitar? 2) Bagaimana kualitas pelayanan publik di Kecamatan Wlingi Kab. Blitar ditinjau dari Hukum Positif? 3) Bagaimana kualitas pelayanan publik di Kecamatan Wlingi Kab. Blitar ditinjau dari Fiqih Siyasah? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana kualitas pelayanan publik di Kecamatan Wlingi Kab. Blitar; 2) Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana kualitas pelayanan publik di Kecamatan Wlingi Kab. Blitar ditinjau dari Hukum Positif dan Fiqih Siyasah. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari wawancara mendalam dengan para staf pelayanan publik di Kecamatan Wlingi Kab. Blitar dan beberapa masyarakat pengguna layanan; observasi kegiatan pelayanan publik di Kecamatan Wlingi Kab. Blitar; dan penelahan dokumen terkait pelayanan publik di Kecamatan Wlingi Kab. Blitar, sedangkan teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kualitas pelayanan publik di Kecamatan Wlingi Kab. Blitar dapat dikatakan cukup baik, karena telahmemenuhi 4 dimensi dari ke 5 dimensi kualitas pelayanan publik, yaitu realibility (kehandalan), responsiviness (daya tanggap), assurance (jaminan) dan emphaty (empati) sedangkan pada dimensi tangibel (bukti fisik) masih belum terpenuhi. 2) Ditinjau dari hukum positif, kualitas pelayanan publik di Kecamatan Wlingi Kab. Blitar telah cukup baik, karena sudah sesuai dengan sebagian besar amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik pada pasal 4 tentang asas penyelenggaraan pelayanan publik; Pelayanan Publik di Kecamtan Wlingi Kab. Blitar juga sudah sesuai dengan substansi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2008 Tentang Kecamatan pasal 15 Ayat 1 Huruf G mengenai tugas Camat; dan sudah sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik sudah menerapkan prinsip pelayanan publik dengan baik. 3) Ditinjau dari fiqih siayasah, Kualitas Pelayanan Publik di Kecamatan Wlingi Kab. Blitar ditinjau dari Fiqih Siyasah telah cukup baik karena sudah menerapkan aspek aspek Maqashid al-Syariah dalam memelihara agama, jiwa, akal, keturunan dan harta.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 17104163088 ERICK NIKI LAUDA
Date Deposited: 20 Oct 2020 04:13
Last Modified: 20 Oct 2020 04:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17000

Actions (login required)

View Item View Item