ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA FIGURATIF PADA PUISI KARYA SISWA KELAS VIII MTsN 1 TRENGGALEK

KHAFIDATUZ ZAHRA’, 17210163014 (2020) ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA FIGURATIF PADA PUISI KARYA SISWA KELAS VIII MTsN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (304kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)

Abstract

ABSTRAK Khafidatuz Zahra‟. NIM 17210163014. Analisis Penggunaan Bahasa Figuratif pada Puisi Karya Siswa Kelas VIII MTsN 1 Trenggalek. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing: Dra. Siti Zumrotul Maulida., M.Pd.I. Kata kunci: bahasa figuratif, pengunaan, analisis puisi Penelitian kualitatif ini perlu dilakukan di MTsN 1 Trenggalek karena puisi sudah tidak asing bagi para siswa. Puisi diperkenalkan sejak mereka duduk di sekolah dasar. Tetapi mereka belum sepenuhnya memaknai puisi sebagai tempat berekspresi, menyatakan apa yang mereka rasakan melalui sebuah karya. Mereka menganggap bahwa puisi hanya sebatas materi yang mereka terima begitu saja tanpa menyadari tugas yang mereka buat terdapat banyak makna. Tujuan penelitian ini adalah untuk; 1) menganalisis penggunaan bahasa figratif pada puisi karya siswa kelas VIII MTsN 1 Trenggalek; 2) mendeskripsikan tujuan penggunaan bahasa figuratif yang terdapat dalam puisi karya siswa kelas VIII MTsN 1 Trenggalek berdasarkan sudut pandang pembaca.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis melalui pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari puisi karya siswa kelas VIII MTsN 1 Trenggalek. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Hubbermen, yakni meliputi proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan bahasa figuratif dalam puisi karya siswa kelas VIII MTsN 1 Trenggalek terdapat berbagai wujud bahasa figuratif. Secara keseluruhan terdapat tiga wujud bahasa figuratif yang digunakan, yaitu pemajasan, penyiasatan struktur dan pencitraan. Implikasi penggunaan bahasa figuratif pada puisi karya siswa adalah membantu siswa untuk memahami penggunaan bahasa figuratif dalam penulisan karya sastra, khususnya puisi, memperluas pengetahuan tentang jenis dan bentuk-bentuk puisi, mampu meningkatkan keterampilan berbahasa, dan penambahan kosakata. Hal itu, dapat dibuktikan dari hasil analisis puisi karya siswa kelas VIII MTsN 1 Trenggalek. Secara keseluruhan ditemukan tiga wujud bahasa figuratif yang digunakan dan didominasi oleh majas personifikasi. Diantara wujud bahasa figuratif tersebut adalah pemajasan yang terdiri dari metafora, perbandingan, perumpamaan, personifikasi, metonimia, sinekdoki, dan alegori. Kemudian penyiasatan struktur yang memenuhi unsur pengulangan, mensejajarkan makna dalam satuan kata, pengulangan kata pertama pada masing-masing kalimat, penghubungan kalimat dengan kata penghubung, menghubungkan tanda baca, persamaan konsonan pada setiap kata, penekanan dari kalimat sebelumnya, dan menampilkan pertanyaan tapi tidak menghendaki jawaban. Selanjutnya pencitraan yang terdiri dari; citraan penglihatan, citraan pendengaran, citraan perabaan, citraan penciuman, citraan pengecapan, dan citraan gerak. Penggunaan bahasa figuratif bertujuan untuk memperindah bunyi, konkritisasi atau penggunaan kata-kata yang mengkonkretan gambaran, menjelaskan gambaran, menghidupkan gambaran, membangkitkan kesan dan suasana.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 17210163014 KHAFIDATUZ ZAHRA'
Date Deposited: 20 Oct 2020 02:50
Last Modified: 20 Oct 2020 02:50
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16998

Actions (login required)

View Item View Item