IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI MI DARUSSALAM CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

ANA AYU RUFAIDA, 17205163132 (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI MI DARUSSALAM CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (515kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (871kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Team Quiz dalam Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung” ini ditulis oleh Ana Ayu Rufaida, NIM 17205163132, dibimbing oleh Drs. H. Jani, MM., M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Team Quiz dan Peningkatan motivasi dan Minat belajar pembelajaran IPS Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pembelajaran team quiz ini sangat membantu peserta didik untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar pada pembelajaran IPS. Siswa dituntut untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Salah satunya untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar muatan IPS, ini akan lebh bermakna jika anak mengalami apa yang dipelajarinya, tidak hanya mendengar dan duduk diam saja. Oleh karena itu guru harus berjuang dengan segala cara agar siswa bisa termotivasi dan mempunyai minat dalam belajar. Usaha guru salah satunya dengan menggunakan pembelajaran team quiz. Fokus penelitian yang dikaji dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana implementasi pembelajaran team quiz dalam meningkatkan motivasi siswa pada pelajaran IPS di MI Darussalam CampurdaratTulungagung Tahun Ajaran 2019/2020 (2) Bagaimana implementasi pembelajaran team quiz dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran IPS di MI Darussalam Campurdarat Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020 (3) Bagaimana implementasi pembelajaran team quiz untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa pelajaran IPS di MI Darussalam Campurdarat Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020 Tujuan peneliti adalah: (1) Untuk mendskripskan implementasi pembelajaran team quiz dalam meningkatkan motivasi siswa pada pelajaran IPS di MI Darussalam Campurdarat Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020. (2) Untuk mendskripskan implementasi pembelajaran team quiz dalam meningkatkan motivasisiswa pada pelajaran IPS di MI Darussalam Campurdarat Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020. (3) Untuk mendiskripsikan implementasi pembelajaran team quiz untuk meningkatkan motivas dan minat belajar siswa pelajaran IPS di MI Darussalam Campurdarat Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif, jenis peneltian deskriptif, metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data utama yang berupa kata-kata dan tindakan, serta sumber data tambahan yang berupa dokumen-dokumen. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian in adalah Kepala MI Darussalam Ngentrong. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keasahan dat menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan triangulasi. Hasil penelitian adalah (1) implementasi pembelajaran team quiz dalam meningkatkan motivasi siswa pada pelajaran IPS di MI Darussalam Campurdarat Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020 melihat tujuan pembelajaran, mengidentifikasi karakteristik siswa dan kondisi lingkungan, menuntukan materi, meningkatkan motivasi, ceramah, dan menentukan metode team quiz (2) implementasi pembelajaran team quiz dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran IPS di MI Darussalam Campurdarat Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020 peningkatan minat belajar, kondisi pembelajaran siswa, menentukan metode, menentukan materi, dan menyusun RPP (3) implementasi pembelajaran team quiz untuk meningkatkan motivas dan minat belajar siswa pelajaran IPS di MI Darussalam Campurdarat Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020 menggunakan media kartu, tanya jawab secara langsung, penigkatan motivasi dan minat, tahap awal pembelajaran, tahap inti pembelajaran, dan tahap penutup.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163132 ANA AYU RUFAIDA
Date Deposited: 21 Oct 2020 06:50
Last Modified: 21 Oct 2020 06:50
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16970

Actions (login required)

View Item View Item