PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SDN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

DINA TRI BUDIARTI, 17205163186 (2020) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SDN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (801kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (340kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (617kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)

Abstract

xix ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua terhadap Minat Belajar Siswa di SDN 1 Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Dina Tri Budiarti, NIM 17205163186, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. H. Muwahid Shulhan, M.Ag. Kata kunci: Tingkat Pendidikan Orangtua, Minat Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan peneliti terhadap pengaruh tingkat pendidikan orangtua terhadap minat belajar siswa, dimana keluarga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi minat belajar anak, khususnya orangtua. Orangtua yang tingkat pendidikannya tinggi cenderung lebih memahami kebutuhan yang dibutuhkan anak khususnya dalam menunjang minat belajar anak, begitu pun sebaliknya. Jadi tingkat pendidikan orangtua mempunyai andil yang cukup besar dalam minat belajar siswa. Penelitian ini diadakan di SDN 1 Boyolangu Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Adakah pengaruh tingkat pendidikan orangtua dasar terhadap minat belajar siswa di SDN 1 Boyolangu Tulungagung? (2) Adakah pengaruh tingkat pendidikan orangtua menengah terhadap minat belajar siswa di SDN 1 Boyolangu Tulungagung? (3) Adakah pengaruh tingkat pendidikan orangtua tinggi terhadap minat belajar siswa di SDN 1 Boyolangu Tulungagung? (4) Adakah pengaruh tingkat pendidikan orangtua keseluruhan terhadap minat belajar siswa di SDN 1 Boyolangu Tulungagung? Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orangtua dasar terhadap minat belajar siswa di SDN 1 Boyolangu Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orangtua menengah terhadap minat belajar siswa di SDN 1 Boyolangu Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orangtua tinggi terhadap minat belajar siswa di SDN 1 Boyolangu Tulungagung. (4) Untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orangtua keseluruhan terhadap minat belajar siswa di SDN 1 Boyolangu Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV yang berjumlah 64 siswa. Sampling pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pertimbangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah diperlukannya tingkat pendidikan orangtua yang beragam. Dalam penelitian ini jumlah populasi kurang dari 100 maka pengambilan sampel adalah keseluruhan dari populasi yaitu seluruhsiswa kelas IV yang berjumlah 64 siswa. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan orangtua dasar (X1) terhadap minat belajar siswa (Y) di SDN 1 Boyolangu Tulungagung. Berdasarkan hasil analisis uji regresi linier sederhana diperoleh nilai fhitung4,911 dengan signifikansi 0,045 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkatpendidikan orangtua menengah (X2) terhadap minat belajar siswa (Y) di SDN 1 Boyolangu Tulungagung. Berdasarkan hasil analisis uji regresi linier sederhana diperoleh nilai fhitung54.299dengan signifikansi 0,000< 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan orangtua tinggi (X3) terhadap minat belajar siswa (Y) di SDN 1 Boyolangu Tulungagung. Berdasarkan hasil analisis uji regresi linier sederhana diperoleh nilai fhitung112.987dengan signifikansi 0,000< 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan orangtua keseluruhan (X4) terhadap minat belajar siswa (Y) di SDN 1 Boyolangu Tulungagung. Berdasarkan hasil analisis uji regresi linier sederhana diperoleh nilai fhitung582.289dengan signifikansi 0,000< 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163186 DINA TRI BUDIARTI
Date Deposited: 21 Oct 2020 05:41
Last Modified: 21 Oct 2020 05:41
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16967

Actions (login required)

View Item View Item